PROGRAM STUDI
ILMU KOMUNIKASI FISIP UAJY

Kalau kamu anak yang suka cuap-cuap, suka menulis, suka bergerak di bidang digital, suka tampil di depan kamera, suka membuat konten kreatif, ingin bergerak di bidang jurnalistik, broadcasting, menjadi influencer, atau ingin menjadi seorang pemasar dan humas yang handal? Maka… Ilmu Komunikasi UAJY adalah jawabannya!!!

Era informasi dan perkembangan teknologi membutuhkan keterampilan mengelola dan memanfaatkan media dengan optimal. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyediakan wahana belajar untuk membangun profesionalitas di bidang komunikasi dengan peminatan Komunikasi Strategis dan Komunikasi Massa dan Digital. Prodi Ilmu Komunikasi memperkaya kemampuan multitasking, kreatif, strategis, dan analitis untuk membuka pintu pemahaman mengenai ekosistem komunikasi modern dan integrasi multiplatform, seseorang dapat menjadi ahli yang tangguh dalam menyampaikan pesan melalui berbagai saluran.

APA YANG AKAN DIPELAJARI?

Prodi Ilmu Komunikasi UAJY memiliki dua peminatan studi:

  1. Komunikasi Strategis
  2. Komunikasi Massa dan Digital

Kedua peminatan ini ditawarkan kepada mahasiswa untuk memberikan pemahaman khusus dan mendalam terkait fokus kajian dalam perkembangan Ilmu Komunikasi yang memuat pengetahuan dan keterampilan serta kompetensi khusus terkait profesi-profesi dalam bidang-bidang komunikasi seperti Public Relations (PR), Periklanan (Advertising), Jurnalisme, Analis/Peneliti Media, Kewirausahaan Bidang Komunikasi, serta bidang-bidang umum yang memerlukan keahlian lulusan ilmu komunikasi.

PROSPEK KERJA

Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UAJY memiliki kemampuan untuk membidangi domain pekerjaan antara lain:

  • Public Relations (PR)
  • Periklanan (Advertising)
  • Wartawan
  • Wirausaha
  • Peneliti
  • Akademisi
  • Praktisi Komunikasi
  • Social Media Specialist
  • Penyiar
  • Event Organizer
  • Content Creator
  • Produser, Sutradara, Creative Director
  • Graphic Designer
  • Copywriter & Content Writer
  • Marketing Communication
  • Customer service
  • SEO Specialist
  • Digital Marketing
  • Brand Manager

Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan keilmuan komunikasi dan mendapatkan pengalaman bekerja pada sebuah institusi selama jangka waktu tertentu. Pada akhir masa magang, mahasiswa diberi kesempatan untuk membagikan pengalaman kerja dan refleksinya melalui seminar.

Aktivitas kelas tidak terbatas pada kegiatan belajar satu arah di dalam kelas, mahasiswa mendapat kesempatan belajar dengan praktisi melalui kelas kolaboratif serta pembelajaran berbasis project dengan menghadirkan klien dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti beragam program MBKM baik yang diselenggarakan pemerintah maupun Prodi dengan mitra DUDI yang telah menjalin kerjasama.

  1. Lab Komputer
  2. Lab Audio-Visual
  3. Perpustakaan,
  4. Unit Kegiatan Mahasiswa yang meliputi Himpunan mahasiswa dan kelompok profesi, dan
  5. Berbagai macam beasiswa

Keuntungan Bergabung Dengan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Pembelajaran di Prodi Ilmu Komunikasi membantu mahasiswa agar dapat membangun keterampilan di bidang:

Komunikasi Strategis

Komunikasi Massa dan Digital

Proses belajar melalui kelas kolaboratif yang didukung fasilitas yang memadai menjadi modal utama bagi mahasiswa agar dapat memenangkan berbagai tantangan di dunia kerja, terutama di era informasi dan media digital yang terus berkembang.

HUBUNGI KAMI

Telepon

Telp : +62-274-487711
ext. 2112
Chat Only : 087741063996

Alamat

Gedung 4 Teresa – FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Indonesia