PROGRAM STUDI
ILMU KOMUNIKASI FISIP UAJY

Kalau kamu anak yang suka cuap-cuap, suka menulis, suka bergerak di bidang digital, suka tampil di depan kamera, suka membuat konten kreatif, ingin bergerak di bidang jurnalistik, broadcasting, menjadi influencer, atau ingin menjadi seorang pemasar dan humas yang handal? Maka… Ilmu Komunikasi UAJY adalah jawabannya!!!

Era informasi dan perkembangan teknologi membutuhkan keterampilan mengelola dan memanfaatkan media dengan optimal. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyediakan wahana belajar untuk membangun profesionalitas di bidang komunikasi dengan peminatan Komunikasi Strategis dan Komunikasi Massa dan Digital. Prodi Ilmu Komunikasi memperkaya kemampuan multitasking, kreatif, strategis, dan analitis untuk membuka pintu pemahaman mengenai ekosistem komunikasi modern dan integrasi multiplatform, seseorang dapat menjadi ahli yang tangguh dalam menyampaikan pesan melalui berbagai saluran.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Capaian Pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja (Perpres No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional
Indonesia). Prodi S1 Ilmu Komunikasi memiliki delapan (8) CPL dengan harapan mahasiswa mampu mencapai profil lulusan yang telah ditetapkan

CPLPernyataan

CPL 1

Sikap

Bersikap profesional dengan dicirikan menghormati kepercayaan, keberagaman, inklusivitas; mengadaptasi norma, tata nilai, moral, serta mempraktikkan etika umum dan etika profesi komunikasi.

CPL 2

Sikap

Bersikap adaptif, mandiri, kolaboratif dan peduli pada permasalahan dan kebutuhan masyarakat melalui pengelolaan aktivitas komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan zaman dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta berwawasan lokal dan global.

CPL 3

Keterampilan Umum

Mampu mengkaji permasalahan di masyarakat secara logis, kritis, dan inovatif untuk mengambil keputusan yang bermutu dan terukur sesuai dengan kompetensinya.

CPL 4

Keterampilan Umum

Mampu bekerja sama untuk menghasilkan solusi melalui karya dengan bersinergi dan berjejaring secara interdisipliner untuk mengembangkan wawasan lokal dan global yang dievaluasi dan didokumentasikan.

CPL 5

Pengetahuan

Menguasai pengetahuan tentang teori, prinsip, falsafah, dan perkembangan TIK dalam keilmuan komunikasi pada konteks politik, ekonomi, sosial, budaya, hukun, dan lingkungan.

CPL 6

Pengetahuan

Menguasai pengetahuan riset berdasarkan metodologi penelitian untuk menganalisis fenomena komunikasi yang terjadi dalam masyarakat dengan logis, kritis, kreatif, dan etis.
CPL 7
Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan metodologi yang dipelajari dalam ilmu komunikasi dengan bahasa dan media TIK yang tepat untuk memahami fenomena, mengidentifikasi masalah, serta mencari solusi terutama dalam bidang komunikasi strategis atau komunikasi massa dan digital.

CPL 8

Keterampilan Khusus

Mampu mengevaluasi dan menciptakan karya dalam bidang komunikasi strategis atau komunikasi massa dan digital untuk mengembangkan profesionalisme dan entrepreneurship yang sesuai dengan norma, etika, dan hukum yang berlaku serta berwawasan lokal dan global.
APA YANG AKAN DIPELAJARI?

Prodi Ilmu Komunikasi UAJY memiliki dua peminatan studi:

  1. Komunikasi Strategis
  2. Komunikasi Massa dan Digital

Kedua peminatan ini ditawarkan kepada mahasiswa untuk memberikan pemahaman khusus dan mendalam terkait fokus kajian dalam perkembangan Ilmu Komunikasi yang memuat pengetahuan dan keterampilan serta kompetensi khusus terkait profesi-profesi dalam bidang-bidang komunikasi seperti Public Relations (PR), Periklanan (Advertising), Jurnalisme, Analis/Peneliti Media, Kewirausahaan Bidang Komunikasi, serta bidang-bidang umum yang memerlukan keahlian lulusan ilmu komunikasi.

PROSPEK KERJA

Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UAJY memiliki kemampuan untuk membidangi domain pekerjaan antara lain:

  • Public Relations (PR)
  • Periklanan (Advertising)
  • Wartawan
  • Wirausaha
  • Peneliti
  • Akademisi
  • Praktisi Komunikasi
  • Social Media Specialist
  • Penyiar
  • Event Organizer
  • Content Creator
  • Produser, Sutradara, Creative Director
  • Graphic Designer
  • Copywriter & Content Writer
  • Marketing Communication
  • Customer service
  • SEO Specialist
  • Digital Marketing
  • Brand Manager

Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan keilmuan komunikasi dan mendapatkan pengalaman bekerja pada sebuah institusi selama jangka waktu tertentu. Pada akhir masa magang, mahasiswa diberi kesempatan untuk membagikan pengalaman kerja dan refleksinya melalui seminar.

Aktivitas kelas tidak terbatas pada kegiatan belajar satu arah di dalam kelas, mahasiswa mendapat kesempatan belajar dengan praktisi melalui kelas kolaboratif serta pembelajaran berbasis project dengan menghadirkan klien dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti beragam program MBKM baik yang diselenggarakan pemerintah maupun Prodi dengan mitra DUDI yang telah menjalin kerjasama.

  1. Lab Komputer
  2. Lab Audio-Visual
  3. Perpustakaan,
  4. Unit Kegiatan Mahasiswa yang meliputi Himpunan mahasiswa dan kelompok profesi, dan
  5. Berbagai macam beasiswa

Keuntungan Bergabung Dengan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Pembelajaran di Prodi Ilmu Komunikasi membantu mahasiswa agar dapat membangun keterampilan di bidang:

Komunikasi Strategis

Komunikasi Massa dan Digital

Proses belajar melalui kelas kolaboratif yang didukung fasilitas yang memadai menjadi modal utama bagi mahasiswa agar dapat memenangkan berbagai tantangan di dunia kerja, terutama di era informasi dan media digital yang terus berkembang.

HUBUNGI KAMI

Telepon

Telp : +62-274-487711
ext. 2112
Chat Only : 087741063996

Alamat

Gedung 4 Teresa – FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Indonesia