Merupakan program studi tingkat Strata 2 yang telah terakreditasi BAN PT berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 7429/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2020.
VISI dan MISI Departemen Ilmu Komunikasi:
Visi Departemen Ilmu Komunikasi: “Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang komunikasi yang diselenggarakan secara humanis, unggul, inklusif dan berintegritas dengan dilandasi semangat melayani dalam cahaya kebenaran, dan diakui di Asia pada tahun 2033.”
Misi Departemen Ilmu Komunikasi: “Menyelenggarakan Tri Dharma di bidang komunikasi dengan mengkolaborasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara etis, adaptif dan kreatif, untuk mewujudkan bangsa yang bermartabat dan sejahtera”
Sasaran Departemen Ilmu Komunikasi: “Menciptakan lulusan yang siap bekerja memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa Indonesia, melalui penyelenggaraan program-program peningkatan kualitas tata kelola dan tata pamong, dosen, mahasiswa dan lulusan, dan sarana prasaranayang adaptif dengan perkembangan TIK”
VISI dan MISI Program Studi Magister Ilmu Komunikasi:
Visi program studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah:
“Mewujudkan lembaga pendidikan untuk pengembangan ilmu dan melahirkan lulusan yang profesional di bidang komunikasi dan memiliki karakter yang berorientasi pada peningkatan martabat manusia dan kesejahteraan masyarakat.”
Misi program studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah:
Magister Ilmu Komunikasi memiliki dua konsentrasi studi:
Kedua peminatan ini ditawarkan kepada mahasiswa untuk memberikan pemahaman khusus dan mendalam terkait fokus kajian dalam perkembangan Ilmu Komunikasi yang memuat pengetahuan dan keterampilan serta kompetensi khusus terkait profesi-profesi dalam bidang-bidang komunikasi yang telah muncul sejak lama dan mengikuti kondisi terkini, seperti Public Relations (PR), Periklanan (Advertising), Jurnalisme, Analis/Peneliti Media, Kewirausahaan Bidang Komunikasi, serta bidang-bidang umum yang memerlukan keahlian lulusan ilmu komunikasi dengan penekanan pada aspek manajerial.
Profil Lulusan Programm Studi (PL)
Profil Lulusan (PL) Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP UAJY disusun berdasarkan seluruh data yang sudah dihimpun dan dianalisis oleh tim pengembang kurikulum. Keseluruhan data tersebut menuntun tim pengembang kurikulum untuk merumuskan Profil Lulusan Program Magister (S2) Ilmu Komunikasi FISIP UAJY sebagai berikut:
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP UAJY adalah:
CPL | Pernyataan |
CPL 1 Sikap | Memiliki sikap kepemimpinan yang adaptif, mandiri, kolaboratif dan peduli dengan dicirikan menghormati keberagaman, mempraktikkan etika umum dan etika profesi komunikasi, serta berwawasan lokal dan global. |
CPL 2 Keterampilan Umum | Memiliki keahlian dalam mengkaji permasalahan di masyarakat secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif untuk menghasilkan solusi melalui karya yang didiseminasikan di lingkungan akademik dan masyarakat luas dengan berjejaring secara multidisiplin. |
CPL 3 Pengetahuan | Menguasai pengetahuan tentang teori dan metodologi penelitian untuk mengkaji fenomena multidisiplin dengan perspektif ilmu komunikasi. |
CPL 4 | Memiliki kemampuan menerapkan teori dan konsep ilmu komunikasi dalam memetakan dan memecahkan masalah di bidang manajemen komunikasi strategis dan manajemen media digital secara profesional. |
Masa studi di Program Studi Magister Ilmu Komunikasi adalah 2 tahun (4 semester), akan tetapi dapat diselesaikan selama 1,5 tahun atau 3 semester.
Mulai semester gasal T.A. 2024/2025, kuliah diselenggarakan Senin – Jumat pukul 18.30-21.00 WIB.
Setelah menyelesaikan studi di Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta akan memperoleh gelar Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom).
Menghasilkan para profesional di bidang manajemen ilmu komunikasi dan media, yang memiliki kemampuan mengelola praktik-praktik komunikasi di berbagai lembaga dengan tetap berdasarkan pada ilmu pengetahuan.
Menghasilkan penelitian yang berorientasi pada pengembangan teori-teori komunikasi dan media (scientific/basic research) dan pengetahuan yang dapat meningkatkan keahlian praktis pada bidang profesi komunikasi (practical/applied research), terutama terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan media, serta kemanfaatannya bagi manusia dan masyarakat.
Mewujudkan kerjasama berskala regional, nasional, dan internasional dengan lembaga pendidikan dan non-pendidikan untuk menunjang tercapainya tujuan menghasilkan para profesional dan tujuan menghasilkan penelitian.
Perkuliahan Magister Ilmu Komunikasi diampu oleh dosen yang berkompeten di bidangnya.
Lulusan University of the Philippines
Lulusan Curtin University, Australia
Lulusan Universitas Gadjah Mada
Lulusan Technische Universität Ilmenau, Jerman
Lulusan Nijmigen University, Belanda
Lulusan Monash University, Australia
Lulusan Universitas Indonesia
Lulusan Royal Melbourne Institute of Technology , Australia
Lulusan Curtin University, Australia
Lulusan Universität Hamburg, Jerman
Lulusan Universitas Indonesia
Penyelenggaraan perkuliahan Magister Ilmu Komunikasi berada di lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Mahasiswa akan didukung dengan lingkungan, sarana, prasarana yang mendukung proses akademik.
Akses Internet di Kampus Universitas memberi dukungan akses internet khusus di kampus dengan kecepatan dan kuota yang sangat mencukupi untuk proses pembelajaran.
Dukungan Learning Management System. Mahasiswa didukung dengan fasilitas situs kuliah untuk memfasilitasi pembelajaran baik secara luring, daring, dan hybrid.
Digital Library Resource Universitas telah melanggan ribuan koleksi dari berbagai penerbit terkemuka seperti Wiley, Pearson, dan Cengage yang dapat diakses oleh mahasiswa. Selain itu, jurnal-jurnal versi digital juga telah dilanggan oleh perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh segenap civitas.
Dengan kompetensi riset dan analisa data yang dilengkapi dengan kemampuan:
Ekosistem digital terus berkembang dan berubah dengan cepat. Individu yang menguasai keterampilan manajerial, kreatif, strategis, analitis, dan storytelling berbasis data akan mampu beradaptasi dengan perubahan ini dan memimpin tim mereka melalui transformasi digital guna menjaga keberlanjutan organisasi dengan mendorong inovasi, kerja kolaboratif, dan mengintegrasikannya ke dalam strategi bisnis dengan memperkuat relasi dengan para pemangku kepentingan.
Telp : +62-274-487711
ext. 2222
Chat Only : 082226041415
Gedung 4 Teresa – FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Indonesia