PROGRAM STUDI
SOSIOLOGI FISIP UAJY

Kalau kamu anak yang peduli dengan isu-isu sosial, punya passion riset, punya cita-cita membangun daerah, semangat untuk turun ke lapangan, menjajaki berbagai wilayah di pedesaan maupun perkotaan, punya jiwa sosial yang tinggi, dan ingin mengembangkan pemikiran kritis, maka… Sosiologi UAJY adalah tempat yang cocok untuk kamu!!

Dunia dan kehidupan kita mendatang akan terus dipengaruhi oleh bisnis dan media. Program Studi Sosiologi Bisnis dan Media di Universitas Atma Jaya Yogyakarta mendidik mahasiswa untuk melakukan analisis kritis terhadap interaksi sosial dalam organisasi bisnis dan media, bagaimana konteks sosial mempengaruhi pengelolaan hubungan personal dan profesional dalam organisasi profit dan non-profit, bagaimana hubungan antar bisnis, media dan sistem sosial-politik-ekonomi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Capaian Pembelajaran Lulusan adalah rumusan kemampuan lulusan program studi yang merujuk pada unsur Pengetahuan, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus, dan Sikap yang dicapai dari proses pembelajaran (Panduan Penyusunan Kurikulum DIKTI 2020).  Prodi S1 Sosiologi memiliki enam (6) CPL yang akan dicapai oleh mahasiswa sebagai lulusan program studi sarjana Sosiologi.

Unsur

CPL

Rumusan CPL

Pengetahuan

CPL 1

Mampu menggunakan konsep-konsep dasar dari teori sosial dalam melakukan kajian sosiologis.

CPL 2

Mampu mengaplikasikan dasar-dasar dan ragam metode penelitian sosial

Keterampilan Umum

CPL 3

Mampu berpikir  dan menuangkan gagasan secara logis, sistematis dan kritis serta menggunakan dasar-dasar iptek untuk berkomunikasi dan kerja sama dalam kelompok dan masyarakat.

CPL 4

Mampu menunjukkan etos kewirausahaan sosial dan kemandirian dalam bekerja serta berkeinginan terus belajar sepanjang hayat.

Keterampilan Khusus

CPL 5

Mampu menggunakan perspektif sosiologi dengan kajian Bisnis dan Media untuk mengidentifikasi dan menganalisis masalah sosial secara logis, sistematis dan kritis, serta untuk memberikan rekomendasi solusi.

Sikap

CPL 6

Mampu menunjukkan sikap inklusif dalam menghargai keanekaragaman sosial budaya serta menunjukkan sikap humanis dan berintegritas.

APA YANG AKAN DIPELAJARI?

Sosiologi Bisnis dan Media mencakup beberapa aspek pada:

  • Sosiologi Ekonomi
  • Sosiologi Bisnis
  • Sosiologi Pasar dan Konsumsi
  • Sosiologi Media
  • Sosiologi Periklanan
  • Pariwisata, Bisnis dan Budaya
  • Riset Pasar
  • Jaringan Bisnis dan Sosial
  • Studi Kewirausahaan
PROSPEK KERJA

Lulusan Program Studi Sosiologi memiliki kemampuan untuk membidangi domain pekerjaan antara lain:

  • Kewirausahaan
  • Jurnalistik
  • Humas
  • Pemasaran
  • Perbankan
  • Periklanan
  • Pengembangan Organisasi & Sumber Daya Manusia
  • Riset Pasar
  • Riset Korporat
  • Riset Media Kepariwisataan
  • Community Development
  • Corporate Social Responsibility
  • Lembaga Sosial Masyarakat yang memiliki misi sosial
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Organisasi Donatur Internasional

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan magang di sebuah perusahaan atau lembaga media massa, supaya dapat memperoleh pengalaman kerja dalam rangka memperkuat kompetensinya

  • Leadership
  • Public Speaking
  • Communication Skills
  • Computer Skills
  • Office Skills

 

  1. Lab Komputer
  2. Lab Audio-Visual
  3. Perpustakaan,
  4. Unit Kegiatan Mahasiswa yang meliputi Himpunan mahasiswa dan kelompok profesi, dan
  5. Berbagai macam beasiswa

Keuntungan bergabung dengan Prodi Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Dengan kompetensi riset dan analisa data yang dilengkapi dengan kemampuan:

Berfikir kritis serta Soft-skills yang tepat guna.

Lulusan akan memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan karier di berbagai lembaga bisnis dan media, maupun kewirausahaan.

HUBUNGI KAMI

Telepon

Telp : +62-274-487711
ext. 2222
Chat Only : 085290002222

Alamat

Gedung 4 Teresa – FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Indonesia