Kalau kamu anak yang peduli dengan isu-isu sosial, punya passion riset, punya cita-cita membangun daerah, semangat untuk turun ke lapangan, menjajaki berbagai wilayah di pedesaan maupun perkotaan, punya jiwa sosial yang tinggi, dan ingin mengembangkan pemikiran kritis, maka… Sosiologi UAJY adalah tempat yang cocok untuk kamu!!
Dunia dan kehidupan kita mendatang akan terus dipengaruhi oleh bisnis dan media. Program Studi Sosiologi Bisnis dan Media di Universitas Atma Jaya Yogyakarta mendidik mahasiswa untuk melakukan analisis kritis terhadap interaksi sosial dalam organisasi bisnis dan media, bagaimana konteks sosial mempengaruhi pengelolaan hubungan personal dan profesional dalam organisasi profit dan non-profit, bagaimana hubungan antar bisnis, media dan sistem sosial-politik-ekonomi.
Capaian Pembelajaran Lulusan adalah rumusan kemampuan lulusan program studi yang merujuk pada unsur Pengetahuan, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus, dan Sikap yang dicapai dari proses pembelajaran (Panduan Penyusunan Kurikulum DIKTI 2020). Prodi S1 Sosiologi memiliki enam (6) CPL yang akan dicapai oleh mahasiswa sebagai lulusan program studi sarjana Sosiologi.
Unsur | CPL | Rumusan CPL |
Pengetahuan | CPL 1 | Mampu menggunakan konsep-konsep dasar dari teori sosial dalam melakukan kajian sosiologis. |
CPL 2 | Mampu mengaplikasikan dasar-dasar dan ragam metode penelitian sosial | |
Keterampilan Umum | CPL 3 | Mampu berpikir dan menuangkan gagasan secara logis, sistematis dan kritis serta menggunakan dasar-dasar iptek untuk berkomunikasi dan kerja sama dalam kelompok dan masyarakat. |
CPL 4 | Mampu menunjukkan etos kewirausahaan sosial dan kemandirian dalam bekerja serta berkeinginan terus belajar sepanjang hayat. | |
Keterampilan Khusus | CPL 5 | Mampu menggunakan perspektif sosiologi dengan kajian Bisnis dan Media untuk mengidentifikasi dan menganalisis masalah sosial secara logis, sistematis dan kritis, serta untuk memberikan rekomendasi solusi. |
Sikap | CPL 6 | Mampu menunjukkan sikap inklusif dalam menghargai keanekaragaman sosial budaya serta menunjukkan sikap humanis dan berintegritas. |
Sosiologi Bisnis dan Media mencakup beberapa aspek pada:
Lulusan Program Studi Sosiologi memiliki kemampuan untuk membidangi domain pekerjaan antara lain:
Malam Keakraban Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi (HMPS-Sos), kegiatan rutin untuk menyambut mahasiswa baru. Acara ini memberikan peluang bagi mahasiswa baru untuk saling berinteraksi dalam situasi santai di luar kampus, baik antar mahasiswa maupun dengan dosen Prodi Sosiologi yang hadir pada acara ini.
Sociology Café, wadah diskusi dan berbagi pengalaman antara dosen dan mahasiswa dalam situasi non-akademis dan di luar jam perkuliahan. Selain diskusi, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk pentas seni bagi mahasiswa Sosiologi yang mempunyai minat dan bakat pada bidang kesenian dan pertunjukan.
Seminar Kewirausahaan, kegiatan rutin pada mata kuliah Kewirausahaan yang memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk mengelola acara seminar dan untuk berwirausaha dalam mengumpulkan dana, serta memberikan pengetahuan tambahan dengan mengundang beberapa entrepreneur muda.
Sociology Competition merupakan kegiatan rutin HMPS-Sos bekerjasama dengan Prodi Sosiologi. Kegiatan ini adalah acara perlombaan akademis dan perlombaan ekstra-kurikuler. Mahasiswa Sosiologi berperan menjadi panitia dan penggerak utama dari kegiatan ini.
Pelatihan Ketrampilan Akademis & Softskill untuk mahasiswa sebagai bentuk kegiatan rutin.
Penerbitan Jurnal dan Working Papers rutin untuk karya mahasiswa melalui Laboratorium Sosiologi dalam dua bentuk umum, yakni jurnal akademis (Jurnal Atma Sosiologika) yang mulai terbit pada tahun 2024 dan Working Papers Laboratorium Sosiologi.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan magang di sebuah perusahaan atau lembaga media massa, supaya dapat memperoleh pengalaman kerja dalam rangka memperkuat kompetensinya
Dengan kompetensi riset dan analisa data yang dilengkapi dengan kemampuan:
Lulusan akan memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan karier di berbagai lembaga bisnis dan media, maupun kewirausahaan.
Telp : +62-274-487711
ext. 2222
Chat Only : 085290002222
Gedung 4 Teresa – FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Indonesia