PETUNJUK PENULISAN

PETUNJUK BAGI (CALON) PENULIS JURNAL ILMU KOMUNIKASI (JIK)

 

  1. Artikel yang ditulis untuk Jurnal ILMU KOMUNIKASI meliputi artikel hasil penelitian atau artikel konseptual (hasil telaah/ pemikiran).
  2. Artikel  ditulis  dalam  Bahasa  Indonesia  atau  Bahasa  Inggris.  Naskah  diketik  dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, spasi ganda, marjin standar, dengan panjang 20-30 halaman.
  3. Sistematika bagian dalam artikel hasil penelitian adalah judul, nama penulis (disertai alamat institusi dan   alamat   e-mail),   abstrak   (disertai   kata   kunci),   pendahuluan,   metode,   hasil, pembahasan, simpulan, dan daftar rujukan.
  4. Sistematika bagian dalam artikel konseptual adalah judul, nama penulis (disertai alamat institusi dan alamat e-mail), abstrak (disertai kata kunci), pendahuluan, bagian inti/pembahasan yang berisi sub-judul-sub-judul (sesuai kebutuhan), penutup, dan daftar rujukan.
  5. Judul artikel dalam Bahasa Indonesia tidak lebih dari 12 kata, sedangkan dalam Bahasa Inggris tidak lebih dari 10 kata. Judul ditulis rata tengah, dengan ukuran huruf 16 pts.
  6. Nama penulis  artikel  dicantumkan  tanpa gelar  akademik,  disertai  nama dan  alamat lembaga asal artikel, serta ditempatkan di bawah judul artikel. Apabila naskah ditulis oleh  tim,  penyunting  hanya  berhubungan  dengan  penulis  utama  atau  penulis  yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat e- mail. Biodata singkat penulis dan identitas penelitian dicantumkan sebagai catatan kaki dalam halaman pertama naskah.
  7. Abstrak  dan  kata  kunci  ditulis  dalam  dua  bahasa  (Indonesia  dan  Inggris).  Panjang masing-masing abstrak maksimal 100 kata, disertai kata kunci sejumlah 3-5 kata. Abstrak minimal berisi masalah, tujuan, metode/konsep, dan hasil penelitian/pembahasan.
  8. Bagian  pendahuluan  untuk  artikel  hasil  penelitian  berisi  latar  belakang,  konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Bagian pendahuluan untuk artikel konseptual berisi paparan acuan konteks permasalahan berisi hal-hal menarik (kontroversial, belum tuntas, dan perkembangan baru) dan rumusan singkat hal-hal pokok yang akan dibahas. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel. Bagian pendahuluan tidak perlu diberi sub-judul PENDAHULUAN.
  9. Bagian metode berisi paparan alam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.
  10. Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel.
  11. Bagian inti/pembahasan untuk artikel konseptual berisi paparan telaah/pemikiran penulis yang bersifat analitis, argumentatif, logis, dan kritis. Paparan pembahasan memuat pendirian/sikap penulis atas masalah yang dikupas. Panjang paparan bagian inti/pembahasan 60-80% dari panjang artikel.
  12. Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau  berupa  intisari  hasil  pembahasan.  Simpulan  disajikan  dalam  bentuk  paragraf. Panjang paparan bagian simpulan 5-10% dari panjang artikel.
  13. Bagian  penutup  berisi  simpulan,  penegasan  pendirian/sikap  penulis,  dan  saran-saran. Penutup disajikan dalam bentuk paragraf. Panjang paparan penutup 10-15% dari panjang artikel.
  14. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk di dalam artikel, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber- sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat di Jurnal ILMU KOMUNIKASI disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.
  15. Perujukan dan pengutipan secara umum menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: Baran (2009, h. 45).
  16. Daftar rujukan disusun dengan tata cara yang merujuk APA Style edisi ke 6 seperti contoh berikut ini dan diuraikan secara alfabetis dan kronologis.

    Buku:

    Littlejohn, S. W. (1992). Theories of human communication (4th ed). Belmont, CA: Wadsworth Publishing Company.
    Rogers, E. M., & Rekha, A. R. (1976). Communication in organizations. New York, NY: The Free Press.
    Cunningham, S., & Turner, G. (Eds.). (2002). The media in Australia. Sydney, Australia: Allen & Unwin.

    Ebook:

    McRobbie, A. (1998). British fashion design: Rag rade or image industry? London: Routledge. <http://leeds.etailer.dpsl.net/Home/htmlmoreinfo.asp?isbn=0203168011>

    Artikel dalam buku kumpulan artikel:

    Darmawan,  Josep  J.  (2007).  Mengkaji  ulang  keniscayaan  terhadap  berita  (televisi). Dalam Papilon H. Manurung (ed), Komunikasi dan kekuasaan (h. 60-95). Yogyakarta, Indonesia: FSK.

    Artikel Jurnal:

    Giroux, H. (2000). Public pedagogy as cultural politics: Stuart Hall and the “crisis” of culture. Cultural Studies, 14(2), 341-360.

    Makalah Konferensi:

    Jongeling, S. B. (1988, September). Student teachers’ preference for cooperative small group teaching. Paper presented at the 3rd Annual 13 Research Forum of the Western Australian Institute for Educational Research, Murdoch University, Murdoch, Western Australia.

    Artikel dalam internet:

    Massy, W. F., & Robert, Z. (1996). Using information technology to enhance academic productivity. <http://www.educom.edu/program.nlii/keydoces/massy.htm>

    Artikel Surat Kabar:

    Ispandriarno, L. (2008, Mei 12). Memantau bus hijau. Koran Tempo, h. 4.

    Tulisan/berita dalam surat kabar tanpa pengarang:

    Memantau bus. (2008, Mei 12). Koran Tempo, h. 4.

    Dokumen resmi:

    Pusat  Pembinaan  dan  Pengembangan  Bahasa.  (1978).  Pedoman  penulisan  laporan penelitian. Jakarta, Indonesia: Depdikbud.

    Undang-undang  Republik  Indonesia  Nomor  2  tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional. (1990). Jakarta, Indonesia: PT Armas Duta Jaya.

    Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

    Perbawaningsih,  Y.  (1998).  Faktor-faktor  yang  memengaruhi  sikap  dan  perilaku terhadap teknologi komputer: Analisis perbandingan budaya teknologi antara akademisi perguruan tinggi negeri dan swasta, kasus di UGM dan UAJY. Tesis. Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia.

    Website:

    Arstechnica: The art of technology. (2008). <http://arstechnica.com/index.ars>

    Blog:

    Jaquenod, G. (2008, December 1). Birdie’setsy flights. <http://www.giselejaquenod.com.ar/blog/>

    Film atau Video:

    Deeley, M., & York, B. (Producers), & Scott, R. (Director). (1984). Bladerunner [Motion picture]. United States: Warner Brothers

  17. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar dapat dicontoh langsung dari artikel yang telah dimuat Jurnal ILMU KOMUNIKASI edisi terakhir. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan istilah-istilah yang dibakukan oleh Pusat Bahasa.
  18. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting.  Kepastian  pemuatan  atau  penolakan  naskah  akan  diberitahukan  secara tertulis.
  19. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapat imbalan berupa nomor bukti pemuatan sebanyak  10  (sepuluh)  eksemplar  cetak  lepas  dan  2  (dua)  eksemplar  cetak  lengkap dengan mengganti biaya cetak sesuai harga beli Jurnal ILMU KOMUNIKASI yang berlaku. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.
  20. Segala  sesuatu  yang  menyangkut  perizinan  pengutipan  atau  penggunaan  software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.
  21. Berkenaan dengan diberlakukannya tata kelola terbitan berkala ilmiah secara online, naskah dapat dikirimkan kepada Jurnal ILMU KOMUNIKASI sebagai submission melalui ojs.uajy.ac.id/index.php/jik. Pengiriman naskah juga dapat dilakukan sebagai attachment melalui jik@mail.uajy.ac.id.

Featuring Top 25/25 of Jurnal Ilmu Komunikasi

Subscribe

Read more

Jurnal Ilmu Komunikasi, d.a. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jl. Babarsari No. 6 Yogyakarta 55281,
Telp. (0274) 487711 ext 4130,
Fax. (0274) 487748,
Homepage: