BROADAY

BROADAY
BROADAY

TENTANG BROADAY

Broaday merupakan salah satu mata lomba Comminfest 2020 yang merupakan singkatan dari Broadcasting Day, yang diselenggarakan oleh salah satu Kelompok Profesi dan Konsentrasi Studi yaitu Atma Jaya Broadcasting Network yang bergerak di bidang broadcasting. Tahun ini kami mengusung tema Turn Back Time : Bring Back a Little Bit of my Childhood Memories in Digital Era
 
Tema tersebut muncul karena melihat realita yang ada di tengah era digital ini, dimana banyak anak-anak yang mulai mengesampingkan permainan tradisional. Melalui lomba ini, Broaday mengajak kaum muda untuk mengasah kreativitasnya dengan membuat video liputan dalam bentuk berita feature terkait dengan kelompok/komunitas yang menjunjung pelestarian permainan/mainan anak tradisional di Indonesia.

SYARAT KARYA

  1. Tahap Seleksi:
    1. Video dan konten sesuai tema Turn Back Time: Bring Back Little Bit of my Childhood Memories in Digital Era.
    2. Mengangkat tempat/komunitas permainan tradisional di wilayah masing-masing peserta.
    3. Setiap tim hanya boleh mengirimkan 1 hasil video.
    4. Pengumpulan video dengan mengunggah di Youtube pada 19 April 2020
    5. Hasil karya video diunggah ke akun Youtube masing-masing dan akan diseleksi oleh panitia, dengan format:
      • Pada kolom describe Youtube, peserta wajib mencantumkan keterangan berupa: nama peserta, asal universitas, dan judul video. Tidak lupa mencantumkan #BroadayUAJY dan #Comminfest2020 dan memberikan link hasil video ke panitia.
    6. Video berdurasi 5-10 menit dengan kualitas minimal 480p.
    7. Hasil karya harus bersifat orisinil serta tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi.
    8. Hasil karya harus produk baru, video liputan lama tidak dapat diikutsertakan dalam perlombaan.
    9. Tim yang lolos seleksi tahap final akan diumumkan selambat-lambatnya pada tanggal 23 April 2020 melalui akun Instagram ABN (@abn_produktif).
    10. Peserta yang dinyatakan lulus oleh dewan juri wajib datang untuk mengikuti tahap final.
    11. Hasil keputusan juri tidak dapat diganggu gugat dan bersifat mutlak. Apabila terdapat pelanggaran dalam syarat dan ketentuan maka akan di diskualifikasi.
  2. Tahap Final:
    1. Hari, tanggal : Jumat, 8 Mei 2020
    2. Lokasi Liputan : Kampung Pandes yang terletak di Dusun Pandes, Panggungjaejo, Sewon, Bantul, DIY.
    3. Titik Kumpul : Laboratorium Audio Visual Kampus IV Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
    4. Peserta yang masuk ke tahap final sebanyak 6 tim.
    5. Hasil liputan akan dipresentasikan dan dievaluasi pada hari kedua dengan durasi 15 menit.
    6. Pemenang Broaday 2020 akan diumumkan pada Closing Ceremony Comminfest 2020.

Catatan:
• Segala bentuk biaya transportasi peserta yang berada diluar rangkaian acara bukan tanggung jawab Panitia BROADAY.
• Peserta membawa peralatan liputan dan editing masing-masing.
• Peserta dapat menanyakan hal yang dirasa kurang jelas ke DM akun Instagram ABN (@abn_produktif) atau ke WA dengan nomor 087848540985 atau line: esterroosm_

TEMA BESAR

Mainan Tradisional merupakan permainan yang sangat digemari banyak anak sebelum adanya perkembangan teknologi seperti sekarang. Banyak sekali jenis-jenis permainan tradisional yang pada zaman dulu digunakan oleh anak-anak. Anak-anak sangat menggemari permainan tradisional karena hanya permainan tradisional yang memang dapat mereka gunakan untuk bermain. Namun demikian, pada zaman sekarang mereka sudah tidak lagi menggunakan mainan tradisional untuk bermain. Seiring perkembangan teknologi seperti sekarang, permainan tradisional perlahan-lahan mulai menghilang dan digantikan oleh permainan yang modern.

Pada era globalisasi ini permainan tradisional jarang digunakan karena tergantikan oleh teknologi canggih yang biasa kita sebut dengan gadget. Gadget merupakan salah satu teknologi canggih yang tidak jarang menyuguhkan permainan bersifat digital. Permainan digital pada gadget ini sangat digemari tidak hanya kalangan anak-anak bahkan orang dewasa pula. Permainan ini digemari oleh anak-anak karena tampilan yang menarik dan jenis yang bervariasi.

Di zaman globalisasi, permainan tradisional selain kurang diminati juga sulit ditemui tempat produksinya, khususnya di kota besar seperti Yogyakarta ini. Hal ini sangat berbanding terbalik jika kita mencari permainan untuk anak dengan menggunakan gadget. Kemudahan yang didapatkan saat menggunakan gadget menjadi salah satu alternatif untuk orang tua dan anak-anak lebih memilih permainan modern ini. Karena jika kita mencari mainan tradisional akan memerlukan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan dengan menggunakan gadget.

Keberadaan mainan tradisional nantinya akan berdampak buruk karena kurangnya kepedulian orang tua dan anak-anak mengenai permainan tradisional. Lebih memilih gadget juga sangat membahayakan mental anak-anak nantinya. Untuk itu, perlu adanya perhatian dan tindakan dari masyarakat luas, orang tua, dan anak-anak untuk menyeimbangkan penggunaan gadget dan mainan tradisional. Hal ini sangat penting karena anak-anak selain tidak melupakan permainan tradisonal, mereka juga dapat menggunakan teknologi dengan bijak.

Dengan demikian, guna berusaha memberikan informasi akan pentingnya permainan tradisional untuk anak-anak, kami mengambil beberapa tempat yang berhubungan dengan hal ini. Pemilihan Kampung Pandes dan Museum Kolong Tangga yang memiliki hubungan mengenai anak-anak dan permainan tradisional diharapkan menjadi solusi untuk menangani masalah ini.

SYARAT DAN KETENTUAN

  • Peserta terdiri dari mahasiswa/i yang aktif di perkuliahan (S1).
  • Peserta bebas dari semua jurusan, satu grup dibebaskan dari jurusan yang berbeda namun tetap dari universitas yang sama.
  • Satu tim terdiri dari 2-3 orang.
  • Memiliki ketertarikan di bidang broadcasting dan jurnalistik.
  • Bersedia mengikuti seluruh rangkaian acara BROADAY dan COMMINFEST 2020.

CARA PENDAFTARAN

  • Pendaftaran dibuka pada tanggal 2 Maret – 3 April 2020, dengan perpanjangan hingga 10 April 2020.
  • Mengisi dan/atau mengunduh formulir pendaftaran di website uajy.ac.id/comminfest.
  • Melunasi biaya pendaftaran lomba sebesar Rp 150.000,00/tim, selambat-lambatnya 11 April 2019 dengan melakukan pembayaran ke rekening BNI 0726668848 atas nama Adelheid Lorensa Anggie Venantin. Konfimasi bukti pembayaran dapat dilakukan dengan menyertakan bukti transaksi dan scan/foto ktm peserta ke kontak Line: esterroosm_ atau WA: 087848540985

WAKTU PELAKSANAAN

  • Pendaftaran : 2 Maret 2020 – 3 April 2020
  • Maksimal pengumpulan video : 20 April 2020
  • Penjurian Youtube : 20-22 April 2020
  • Pengumuman lolos seleksi : 23 April 2020
  • Lomba : 8 Mei 2020
  • Seminar : 9 Mei 2020
  • Penjurian final : 9 Mei 2020

HADIAH

  • Juara I Uang tunai Rp 2.500.000,00 + sertifikat + trophy
  • Juara II Uang tunai Rp 2.000.000,00 + sertifikat + trophy
  • Juara III Uang tunai Rp 1.500.000,00 + sertifikat + trophy

(pajak ditanggung pemenang 6%)

Juri

DOWNLOAD FORMULIR BROADAY 2020

Formulir Pendaftaran BROADAY

Contact Person

Instagram ABN (@abn_produktif) atau 087848540985 (WA) atau line: esterroosm_