BROADAY

ABOUT BROADAY

Broaday merupakan salah satu mata lomba yang terdapat dalam rangkaian acara Communication Interest Festival (Comminfest) 2018. Broaday diadakan oleh Kelompok Profesi/Kelompok Studi (KPKS) AtmaJaya Broadcasting Network (ABN). Pada kesempatan ini, Broaday mengusung tema ‘A DARE: Agent of Digital Era”. Melalui lomba ini, peserta bisa menambah pengalaman dan wawasan seputar dunia broadcasting khususnya video yang akan di implementasikan dalam seminar serta kompetisi berupa feature video yang terdiri dari 2-3 orang.

BROADAY

Juri

Febry Arifmawan – News Producer NET TV

Birgitta Bestari Puspita Jati, M.A. – Dosen FISIP UAJY

Pelaksanaan Lomba

Pendaftaran lomba : 5 Maret – 5 April 2018
Penjurian dan seleksi : 13 – 19 April 2018
Pengumuman finalis : 20 April 2018
Seminar & Lomba : 4 Mei 2018
Lomba & Closing Ceremony : 5 Mei 2018

Hadiah Lomba

Juara I : Uang tunai sebesar Rp 3.000.000,- + Sertifikat + Trophy
Juara II : Uang tunai sebesar Rp 2.000.000,- + Sertifikat + Trophy
Juara III : Uang tunai sebesar Rp 1.500.000,- + Sertifikat + Trophy

TEMA : A DARE (Agent of Digital Era)

Sebagai negara yang masih berkembang, masyarakat maupun pemerintah terus melakukan inovasi-inovasi untuk memajukan bangsa ini, agar tidak tertinggal dari peradaban yang menuntut masyarakat untuk terus berkembang. Begitupula dengan aspek teknologi di Indonesia, yang terus ikut berkembang seiring berjalannya waktu hingga saat ini telah memasuki revolusi industri yang ke 4.0. Memasuki industri 4.0, masyarakat semakin dimanjakan dengan adanya hal-hal yang praktis  Industri 4.0 mengintegrasikan dunia online, dimana semua proses berjalan dengan internet sebagai penopang utama (Aditya, 2017).

Implementasi industri ke 4.0 terjadi pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, teknologi dan peran internet sebagai pendukung utama. Cara-cara lama mulai ditinggalkan, peralihan penggunaan manusia sebagai sumber daya tergantikan oleh teknologi yang serba mengatur dan mengontrol kehidupan manusia terlihat kentara. Adanya isu ini, dikhawatirkan mampu mematikan beberapa mata pencaharian terutama bagi sekelompok masyarakat yang kurang menerima perubahan dan mempergunakan teknologi dengan baik. Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan menjadi penghambat bagi masyarakat untuk berkembang di era digital ini.

Atma Jaya Broadcasting Network (ABN) sebagai salah satu Kelompok Profesi Konsentrasi Studi (KPKS) di bawah naungan Himpunan Mahasiwa Komunikasi (HMPSKOM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta ikut serta dalam penyelenggaraan Comminfest 2018. Dengan nama mata lomba BROADAY (Broadcasting Day), tahun ini ABN mengusung tema khusus A Dare: Agent of Digital Era.

Tema ini tercetus karena melihat realita dalam kehidupan saat ini. Di mana masyarakat, khususnya kaum muda cenderung bersikap pasif dan kurang peduli terhadap potensi masyarakat di Indonesia. Melalui lomba ini, ABN mengajak mereka untuk bersama-sama peka terhadap kehidupan sekelompok masyarakat yang mempunyai potensi untuk berkembang namun masih minim dalam penggunaan teknologi, sehingga kaum muda yang dekat dengan teknologi mampu mengangkat sosok atau kelompok yang menopang kehidupan sekelompok masyarakat, dengan mengimplementasikan pengetahuan yang berbasis jurnalisme agar masyarakat tersebut terkena dampak dari perkembangan teknologi.

FORM PENDAFTARAN BROADAY 2018

SYARAT DAN KETENTUAN

A. Peserta

  • Peserta terdiri dari mahasiswa/i yang aktif di perkuliahan (S1).
  • Setiap tim terdiri dari 2-3 orang.
  • Tim diperbolehkan dari jurusan yang berbeda, namun masih dalam universitas yang sama.
  • Memiliki ketertarikan di bidang broadcasting dan jurnalistik.
  • Bersedia mengikuti seluruh rangkaian acara BROADAY dan COMMINFEST 2018.
  • Pada tahap final, akomodasi untuk ke komunitas disediakan panitia.

B. Pendaftaran

  • Pendaftaran dibuka pada tanggal 5 Maret – 5 April 2018
  • Mengisi formulir pendaftara di website fisip.uajy.ac.id/comminfest.
  • Melunasi biaya pendaftaran lomba sebesar Rp 150.000,00/tim, selambat-lambatnya 5
    April 2018 dengan melakukan pembayaran ke rek BCA 1221110698 atas nama Maria
    Vicentsia Dwi Putri dan BNI 0455176953 atas nama Angela Merici.
  • Konfirmasi bukti pembayaran dapat dilakukan dengan menyertakan bukti ke
    082116655508 (WA) – Putri atau 082133574822 (WA) – Angela.

Contact Person

082133574822 (Angela) / 082116655508 (Putri)