RAC
RAC

TENTANG RAC

RAC merupakan salah satu mata lomba dari Communication Interest Festival (Comminfest) dengan bentuk menyiarkan radio yang dapat diikuti oleh mahasiswa D3/S1 yang bukan merupakan penyiar professional/komersil.

Pada Comminfest 2019, RAC mengusung tema TOURISM(E) “Explore Myself, Explore Indonesia!”. Melalui tema tersebut generasi muda diharapkan dapat mengeksplor lebih jauh dan memberitakan kepada masyarakat luas tentang potensi wisata di Indonesia yang belum dikenal, sekaligus menjadikan wisata sebagai sarana belajar dan pengembangan diri. Sehingga, berwisata tidak hanya menjadi bentuk ajang eksistensi diri semata.

SYARAT DAN KETENTUAN

Tahap Penyisihan :

  1. Peserta lomba terdiri atas 2 orang (1 team)
  2. Peserta tidak dan belum pernah berprofesi sebagai penyiar radio komersil.
  3. Peserta adalah mahasiswa/mahasiswi D3/S1 aktif perguruan tinggi se-Indonesia sampai bulan April 2019.
  4. Peserta yang terdiri dari DUA orang mengirimkan satu sample rekaman suara berupa adlips dengan mempromosikan acara Radio Announcer Competition di Comminfest
  5. Rekaman suara dan semua persyaratan serta formulir dikirim melalui https://tinyurl.com/y85eoqgu
  6. Masing-masing peserta wajib untuk mengunggah twibbon yang telah disediakan serta menandai @1078ajr dan men-screenshot serta mengunggah bukti upload.
  7. Peserta akan disaring menjadi 15 besar dan mengikuti tahap selanjutnya yaitu FINAL

BIAYA PENDAFTARAN

  • Rp 85.000/ orang (termasuk lomba, workshop, konsumsi dan sertifikat)
  • Rp 55.000/ orang (termasuk workshop, konsumsi dan sertifikat)
  • Dibayarkan via transfer ke 1890 3288 96 (Bank BCA, a.n: Agita Kristin)
  • Bukti transfer dikirim melalui https://tinyurl.com/y85eoqgu

TEMA BESAR

Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun internasional. Hal tersebut tidak hanya sekedar asumsi, karena menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Nasional Indonesia, jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Desember 2017 naik 3,03 persen dari tahun sebelumnya, dari 1,11 juta kunjungan menjadi 1,15 juta. Selama tahun 2017, jumlah kunjungan naik sebanyak 21,88 persen, yaitu mencapai 14,04 juta, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 11,52 juta kunjungan. Tidak hanya data dari BPS, aplikasi travelling terkemuka, TripAdvisor, menyatakan pula jika Bali, Indonesia, menduduki peringkat keempat sebagai negara destinasi wisata terbaik di dunia pada tahun 2018.

Namun, masih banyak destinasi wisata lain di Indonesia yang belum terjamah. Promosi wisata yang dilakukan masih di daerah-daerah tertentu yang sudah banyak diketahui orang. Penjelajahan destinasi wisata lain di Indonesia yang belum terekspos sangat diperlukan untuk menggali lebih dalam potensi wisata yang ada di Indonesia.

Selain untuk menjelajahi potensi-potensi wisata yang ada di Indonesia, berwisata juga penting untuk relaksasi dan me-refresh pikiran. Dengan melihat pemandangan dan menikmati suasana baru yang belum pernah dilihat sebelumnya, berwisata juga bisa menjadi sarana relaksasi bagi orang-orang yang sudah penat dengan rutinitasnya. Akan tetapi, tidak hanya sebagai sarana rekreasi dan relaksasi, ada banyak nilai-nilai positif yang bisa didapatkan ketika berwisata. Berwisata dan menjelajah juga bisa menjadi sarana belajar untuk menemukan siapa diri kita sebenarnya.

Melalui tagline TOURISM(E): “Explore Myself, Explore Indonesia!, anak muda diajak untuk membuka mata, hati, dan pikirannya dengan jernih ketika berwisata, sehinga tidak hanya gambar saja yang menjadi kenangan, namun juga pengalaman dan pelajaran tak terduga yang akan ditemui. Terlebih, Indonesia, sebagai salah satu negara destinasi wisata terbaik, memiliki jutaan keindahan dan menyimpan pengalaman unik yang bisa dirasakan ketika bepergian ke tempat baru.

Melalui RAC 2019, generasi muda diharapkan dapat mengeksplor lebih jauh dan memberitakan kepada masyarakat luas tentang potensi wisata di Indonesia yang belum dikenal, sekaligus menjadikan wisata sebagai sarana belajar dan pengembangan diri. Sehingga, berwisata tidak hanya menjadi bentuk ajang eksistensi diri semata.

WAKTU PELAKSANAAN

  1. Tahap Penyisihan (sampel voice) : 5 April 2019 – 25 April 2019
  2. Workshop : 10 Mei 2019
  3. Tahap Semifinal & Final : 11 Mei 2019

HADIAH

  • Juara 1 dengan total hadiah  Rp.1.500.000 (sertifikat dan trophy)
  • Juara 2 dengan total hadiah Rp.1.250.000 (sertifikat dan trophy)
  • Juara 3 dengan total hadiah Rp. 1.000.000 (sertifikat dan trophy)

JURI

  • Danin Sibilo dan Febryan Saputra (Duo Gambreng), Penyiar Radio Gen FM Surabaya
  • Afif Abdulhady, Produser dan Penyiar iRadio Jogja
  • Mario Antonius Birowo, Dosen UAJY

DOWNLOAD FORMULIR RAC 2019

Download Formulir RAC

Contact Person

Alfina : (ID LINE) alfinaahnm/ +62 85702656011

Tama     : (ID LINE) froggy _jump27/ +62 81818215687