LUMENS

LUMENS
LUMENS

TENTANG LUMENS AWARD

Dalam rangka Comminfest 2020 yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, KPKS Bohlam Advertising mengadakan mata lomba yang bernama Lumens. Lumens 2020 mengusung tema yaitu “Persona: Parents as Partner. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memiliki arti orang; pribadi; karakter. Pada tagline yang diusung yaitu Parents as Partner, ingin mennunjukan bahwa pentingnya peranan orang tua untung mendamping dan mengawas perkembangan anak pada era digital ini yang tentunya akan berpengaruh pada karakter atau kepribadian anak.

MEKANISME LUMENS AWARD

  • Penjurian dilaksanakan secara online di Yogyakarta pada 13-25 April 2020.
  • Finalis terpilih akan diumumkan 26 April 2020 via website Comminfest 2020 sekaligus Instagram @comminfest dan @lumensaward. Setelah pengumuman, finalis terpilih perlu mengerjakan karya sesuai brief kedua yang diberikan oleh Lumens Award untuk dipresentasikan pada babak final di Yogyakarta.
  • Finalis terpilih diundang untuk hadir pada tanggal 8-9 Mei 2020 di Yogyakarta untuk mempresentasikan karya serta mengikuti seminar dan Awarding Night.

SYARAT DAN KETENTUAN

  • Terbuka untuk seluruh mahasiswa aktif di Indonesia.
  • Peserta terbuka untuk seluruh jurusan dengan syarat berasal dari universitas yang sama.
  • 1 tim maksimal terdiri dari 2 orang.
  • Peserta diperbolehkan mengikuti lebih dari 1 tim, maksimal 2 tim.
  • Panitia berhak mendiskualifikasi bagi peserta yang tidak memenuhi ketentuan yang berlaku.

KETENTUAN KARYA

  • Jenis iklan: PSA (Public Service Advertisement)
  • Media: Integrated Campaign
  • Dikumpulkan pada 5 Maret – 5 April 2020, maksimal pukul 23.59 WIB
  • Format pengumpulan karya melalui email dengan format nama file: nomor pendaftaran judul karya Lumens Award 2020
  • Format file dikumpulkan dalam bentuk powerpoint (ppt).
  • Karya merupakan hasil orisinil dan bukan hasil dari plagiat.
  • 1 tim boleh mengirim lebih dari 1 karya.
  • Format karya dikirim dalam bentuk presentation board (1 poster overview A3 dan presentasi PPT maksimal 6 halaman, serta jika ada file video harap di-attach dalam pengiriman karya dengan ketentuan durasi maksimal 3 menit (optional).

TIMELINE

  • Open Registration & Brief 1 : 2 Maret – 3 April 2020
  • Penjurian Online : 3 April – 23 April 2020
  • Pengumuman finalis & Brief 2 : 24 April 2020
  • Presentasi karya di Yogyakarta : 8 Mei 2020
  • Seminar bertemakan Creative Branding : 9 Mei 2020

TEMA BESAR

Perkembangan media digital dalam Generasi Z tentunya membawa dampak yang besar dalam kehidupan manusia. Internet yang semakin cepat ditambah dengan media elektronik seperti smartphone, komputer, dan lainnya yang semakin canggih, membawa suasana yang cukup berbeda dengan generasi sebelumnya. Hal ini terlihat dari anak-anak sebagai generasi selanjutnya yang sudah mulai berhadapan dengan media. Chusna (2017, h.317) mengingatkan  bahwa saat anak berumur 1-5 tahun, perkembangan kecerdasan anak sangat sensitif dimana kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosi mengalami proses perkembangan yang cepat dan dapat mempengaruhi serta menentukan perkembangan selanjutnya. Periode ini disebut dengan golden age. Sehingga kaitannya dengan era sekarang adalah semua informasi yang diberikan media akan terserap dengan cepat oleh anak. 

Dampak positif dari hal tersebut dimana pola pikir anak meningkat, dapat mengolah strategi saat bermain, dan meningkatkan kemampuan otak kanan. Dampak positif ini dapat memberikan manfaatnya saat anak diberi pengawasan yang baik oleh orang tua. Sayangnya orang tua terkadang kurang memberi pengawasannya pada anak sehingga bila hal ini terus berlanjut, dampak negatif semakin berpeluang besar dalam mempengaruhi perkembangan anak. Dampak negatif tersebut bermula dari radiasi media elektronik seperti gadget yang dapat merusak jaringan syaraf dan otak anak. Selain itu, kemampuan anak dalam berinteraksi juga menurun sehingga perilaku individual terbentuk dan sikap kepedulian terhadap orang sekitar, seperti orang tua dan teman, menjadi menurun (Chusna, 2017, h.317-318). Hal tersebut merupakan dampak yang berpengaruh dalam psikologis anak dimana kurangnya aktifitas bersosialisasi juga menimbulkan krisis percaya diri pada anak. Dampak negatif lain yang perlu diperhatikan adalah keluasan informasi dan kemudahan dalam mengakses internet, menimbulkan peluang dalam menampilkan konten yang semestinya belum dapat dilihat oleh anak-anak (Chusna, 2020, h.321).

Tema ini diusung dalam mata lomba Lumens Award 2020 sebagai bentuk keprihatinan karena kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak dalam mengonsumsi konten yang tidak sesuai dengan umur mereka. Padahal, konten yang tidak sesuai umur dapat membahayakan perkembangan anak. Dalam usia emas atau golden age, seorang anak belajar dan berkembang  melalui interaksi yang dilakukan sehari-hari, termasuk konten yang disajikan dalam berbagai teknologi yang diberikan orang tua pada era ini. Sebaliknya, konten yang sesuai bagi anak untuk dikonsumsi akan dapat mendukung tumbuh kembangnya. Di sini, orang tua memegang peranan yang penting untuk mengawasi konten anak. Tidak hanya mengawasi, tetapi orang tua juga sebaiknya dapat menjadi teman yang selalu ada, bahkan ikut berinteraksi saat anak mengonsumsi konten dari media. Maka dari itu, Lumens Award 2020 mengajak para peserta untuk dapat menyampaikan pesan kepada para orangtua tentang pentingnya pendampingan anak, tidak hanya mengawasi dan membatasi.

ALUR PENDAFTARAN

  1. Peserta wajib mengunduh formulir peserta yang disediakan pada website Comminfest (fisip.uajy.ac.id/comminfest).
  2. Peserta diharuskan membayar biaya pendaftaran (via transfer ke nomor rekening yang akan disediakan di formulir pendaftaran) sebesar Rp. 50.000- per karya.
  3. Peserta diminta untuk mengirimkan formulir yang telah diisi dengan lengkap dan scan Kartu Identitas Mahasiswa serta bukti pembayaran pada email lumensaward.comminfest@gmail.com dengan subjek Registrasi Lumens Award 2020. Pada body email dituliskan data diri kedua peserta kompetisi berupa nama, universitas, email, dan no. telepon.
  4. Setelah mendaftar, peserta akan mendapatkan nomor registrasi yang akan dikirimkan ke email yang digunakan untuk pendaftaran.
  5. Bagi kelengkapan dokumen yang telah terverifikasi akan dihubungi oleh panitia.
  6. Bagi peserta yang tidak melengkapi data tersebut maka dianggap mengundurkan diri.

KRITERIA PENILAIAN

Originalitas              20%
Relevansi                 20%
Efektivitas               20%
Strategi                    20%
Performance           20%

HADIAH

Juara 1: Rp 4.000.000 + Sertifikat + Trophy (Per Tim)

Juara 2: Rp 3.000.000 + Sertifikat + Trophy (Per Tim)

Juara 3: Rp 2.000.000 + Sertifikat + Trophy (Per Tim)

JURI

FORMULIR LUMENS AWARD 2020

Formulir Pendaftaran LUMENS

CONTACT PERSON

Line : lksingkil
Wa   : 089662043123 (Lawrence Kelat Singkil)