THE PRIME

THE PRIME
THE PRIME

TENTANG THE PRIME

The Prime (Public Relations in Competition), merupakan salah satu mata lomba dalam rangkaian Comminfest (Communication Interest Festival). Comminfest sendiri diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka mengasah kemampuan mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang ilmu komunikasi. Setiap tahunnya, The PRime berkontribusi pada Comminfest dalam menyelenggarakan kompetisi pada ranah public relations. The PRime diselenggarakan oleh PR.Comm (Public Relations Community), sebuah Kelompok Profesi Konsentrasi Studi (KPKS) yang berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (HMPSKOM). PR.Comm berperan sebagai fasilitator mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktiknya sebagai mahasiswa public relations.

Tidak pernah absen dari Comminfest, pada tahun 2020 ini The PRime kembali hadir dengan mengusung tema “Adiratna Nusantara”. Melalui tema tersebut The PRime mengajak mahasiswa/i yang memiliki ketertarikan dalam bidang public relation untuk turut serta memberi perhatian terhadap perkembangan pariwisata di Indonesia lewat penerapan dari ilmu-ilmu kehumasan. Melalui hal tersebut, harapannya kita sebagai kaum muda mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan pariwisata di Indonesia melalui ide kehumasan yang inovatif, efektif, dan kreatif.

SYARAT DAN KETENTUAN

  • Peserta adalah tim yang terdiri dari 3 orang mahasiswa/iD3 atau S1, yang masih tercatat aktif hingga Mei 2020.
  • Memiliki ketertarikan pada bidang public relations.
  • Tim boleh berasal dari program studi ataupun fakultas yang berbeda namun harusberasal dari satu universitas yang sama.
  • Setiap universitas bebas mengirimkan lebih dari satu tim.

PETUNJUK PENDAFTARAN

  1. Peserta adalah tim yang terdiri dari 3 orang mahasiswa/i D3 atau S1, yang masih tercatat aktif hingga Mei 2020.
  2. Memiliki ketertarikan pada bidang public relations.
  1. Pastikan alamat email aktif dan rutin diakses
  2. Peserta diharapkan melakukan pembayaran biaya administrasi senilai Rp 250.000,00 ke nomor rekening BCA 6975085388 a/n Maria Agatha Leony Novlenski
  3. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di website www.fisip.uajy.ac.id/comminfest
  1. Peserta mengirimkan formulir pendaftaran The PRime 2020 (word) dan bukti pembayaran (jpg) ke email uajy@gmail.com dengan subjek “Pendaftaran The PRime 2020_AsalUniversitas_Nama Tim_Universitas”
  2. Tim mengirimkan SMS/WA konfirmasi pendaftaran ke nomor 085350808143 (Nadya) atau 081902074477 (Leony).
  1. Panitia akan mengkonfirmasi kelengkapan administrasi melalui email/WA.
  2. Panitia akan memberikan SMS/WA balasan dan segera mengirimkan brief lengkap melalui email.
  3. Segala bentuk pertanyaan dapat menghubungi 085350808143 (Nadya) atau 081902074477 (Leony).

TEMA BESAR

Kumara Abhipraya diadopsi dari bahasa Sansekerta. Kumara berarti anak sedangkan Abhipraya memiliki pengertian penerus harapan. Dengan demikian Kumara Abhipraya dapat dimaknai sebai “anak yang menjadi penerus  harapan bangsa”.

Kumara Abhipraya hadir sebagai wadah bagi mahasiswa/i, khususnya yang memiliki ketertarikan dalam bidang public relations untuk menuangkan ide kreatif dan inovatif lewat ranah kehumasan. Kumara Abhipraya  memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk mengasah kreativitas dalam  rangka menunjukkan kontribusi terhadap perkembangan anak di Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan  membuat program kehumasan sekreatif mungkin agar dapat disumbanagkan sebagai pemikiran dalam mengelola konten kreatif bagi anak di Indonesia.

Dengan demikian diharapkan bahwa ketika anak-anak di Indonesia mengonsumsi konten berkualitas, nantinya mereka akan tumbuh menjadi generasi penerus yang berkualitas pula.  Hal ini  sebagai bentuk dukungan atas salah satu program kerja Presiden RI untuk mewujudkan SDM unggul.

BENTUK KOMPETISI

    1. Brief

    Brief akan datang dari klien The PRime 2020. Peserta akan diminta untuk membuat program sesuai dengan studi kasus yang dibuat langsung oleh klien. . Klien disini merupakan individu maupun organisasi yang terpilih untuk bekerjasama dengan The PRime dalam pembuatan studi kasus sekaligus sebagai juri lomba. Peserta diminta mengirimkan abstrak atau draft dari program yang menjadi ide kreatifnya, dalam format yang telah disediakan oleh panitia. Melalui draft tersebut peserta diminta untuk dapat menjelaskan program kehumasan yang hendak dibuat oleh peserta serta relevan dengan masa kini untuk mengembangkan konten anak-anak di media. Peserta diberi kebebasan dalam memilih target sasaran dari program kehumasan tersebut. Program kehumasan disampaikan melalui format yang telah disediakan oleh panitia, draft yang telah terkumpul nantinya akan diseleksi menjadi 10 program terbaik.

    1. Pitching

    Pada babak 10 besar ini, peserta diminta untuk menjelaskan lebih jelas mengenai program yang sudah mereka rancang sebelumnya sesuai dengan studi kasus yang diberikan oleh klien. Setiap tim nantinya akan diminta untuk membuat proposal dan atau presentasi kreatf yang akan menjadi tantangan kepada 10 kelompok terbaik yang lolos seleksi di tahap pertama untuk merumuskan ide atau gagasannya.

    Penyampaian ide oleh tiap tim akan dilakukan dengan konsep pitching. Konsep pitching dipilih agar tiap tim dapat menyampaikan gagasannya secara langsung di hadapan klien dan para juri lainnya, sehingga hasil penilaian dapat lebih adil dan kredibel. Setiap kelompok nantinya akan beradu ide atau gagasan yang telah mereka buat dalam bentuk strategi dan taktik yang efektif dan kreatif dalam mencapai objektif yang sudah ditentukan dengan para juri.

    1. Orasi Ilmiah Berkelompok (Speach for Group)

    Setelah melakukan pitching, juri akan menentukan 5 tim terbaik yang nantinya akan maju ke babak final The PRime 2019. Babak akhir ini berupa orasi ilmiah yang dilakukan secara berkelompok dari kelima tim yang lolos pada tahap pitching. Masing-masing kelompok akan mendapatkan bahan berupa permasalahan seputar konten anak di media. Orasi akan dinilai oleh ketiga juri yang sama dengan juri pitching. 

WAKTU PELAKSANAAN

Pendaftaran : 2 Maret 2020
Tutup pendaftaran & Batas pengumpulan karya : 3 April 2020
Penjurian Karya : 10-17 April 2020
Pengumuman finalis : 24 April 2020
Presentasi finalis : 8 Mei 2020
Company visit : 8 Mei 2020
Seminar : 9 Mei 2020
Awarding night : 9 Mei 2020

HADIAH

  • Juara 1: Rp. 3.000.000
  • Juara 2: Rp. 2.000.000
  • Juara 3: Rp. 1.000.000

JURI

 

DOWNLOAD FORMULIR THE PRIME 2020

Formulir Pendaftaran PRIME

CONTACT PERSON

085350808143 (Nadya) atau 081902074477 (Leony)