**Welcome to HMPS Kom!**

About Us
VISI

lembaga perhimpungan mahasiswa yang mengkaji ilmu komunikasi guna menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten untuk terjun di dalam masyarakat dengan prinsip sains, etik, praktik, dan humanis.

MISI

  1. Sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu dan teori perkuliahan ke dunia praktik guna meningkatkan kompentensi mahasiswa untuk berkreativitas dalam melahirkan ide yang korelatif dengan kajian-kajian dan studi-studi komunikasi
  2. Mewujudkan aktivitas pelatihan dan pengabdian bidang ilmu komunikasi dengan pendekatan humanis.
  3. menjadi fasilitator bagi pihak di luar Program Studi Ilmu Komunikasi yang bermanfaat untuk pengembangan akademik.
**Galery**

Department

**Informasi Perkuliahan**

Struktur Organisasi HMPS Kom Periode 2018/2019

Struktur Organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Periode 2014/2015 yang langsung berada dibawah naungan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Kalender Akademik 2018-2019

SEPUTAR KRS dan Key in 2015-2016

 

  1. Buku pedoman dan blangko bimbingan KRS diambil di loket perkuliahan dengan membawa KTM dan Slip pembayaran SPP tetap. Bagi mahasiswa yang berada di luar Yogyakarta bisa mengakses via www.fisip.uajy.ac.id
  2. Kartu Hasil Studi (KHS) dapat diambil di loket ujian dengan membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Pengambilan Buku Pedoman dan blangko bimbingan saat key in, dilayani di loket umum.
  3. Bimbingan KRS tatap muka dilaksanakan pada tanggal 28 – 31 Januari 2015 pukul 09.00-14.00 (break pukul. 11.30-12.30),
  4. Key in pada tanggal 2 – 3 Februari 2015 pukul 08.00-14.00. Key in kelas bayangan tanggal 5 Februari 2015 pukul 08.00 – 13.00
  5. Jadwal dan urutan key in dapat dilihat di website www.fisip.uajy.ac.id atau di papan pengumuman.
  6. Mahasiswa yang akan melakukan key in wajib membawa blangko bimbingan KRS dan KTM aktif
  7. Surat Bukti Pengambilan Kelas (SBPK) dapat diambil di loket perkuliahan dengan membawa blangko bimbingan KRS dan KTM. Blangko bimbingan tidak boleh dicoret-coret. Apabila terdapat coretan di blangko, mahasiswa WAJIB mengganti dengan BLANGKO bimbingan KRS BARU di loket umum yang kemudian ditandatangani ulang oleh Wakil Dekan 1.
  8. Proses bimbingan KRS dan Key In harus dilakukan sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan. Apabila ada mahasiswa yang berhalangan hadir, yang bersangkutan harus membuat Surat Kuasa dan memberikan kepada mahasiswa lain yang ditunjuk untuk mewakili selama proses bimbingan KRS dan Key In. Surat kuasa dan ketentuannya adalah sebagai berikut:
  1. Mencantumkan nama dan nomor mahasiswa pemberi dan penerima kuasa
  2. Mencantumkan mata kuliah yang akan diambil
  3. Ditandatangani oleh pemberi dan penerima kuasa dengan materai senilai Rp 6.000,00 dan fotocopy KTM pemberi kuasa.
  4. Format penulisan surat kuasa bisa dilihat di website www.fisip.uajy.ac.id

 

  1. Mahasiswa yang BERHALANGAN HADIR pada saat proses key in dan telah membuat surat kuasa berlaku peraturan sebagai berikut:       Penerima kuasa hanya dapat melakukan key in sesuai dengan jadwal (sesi) key  in nomor urut pemberi kuasa
  1. Surat kuasa ditandatangani dosen pembimbing untuk selanjutnya dibawa saat melakukan proses key in.
  2. Apabila kedapatan ada mahasiswa yang berlaku curang dengan menitipkan key in kepada sesama mahasiswa    tanpa ada surat kuasa, maka pihak yang dititipkan dan yang menitipkan akan dikenai sanksi berupa DROP mata kuliah.
  3. Mahasiswa yang TERLAMBAT datang pada urutan (masih dihari yang sesuai jadwal) key in akan dilayani pada sesi terakhir dihari yang sesuai dengan jadwal.
  4. Mahasiswa yang TERLAMBAT melakukan key in pada jadwal yang telah ditentukan diperbolehkan key in pada jam terakhir mulai pukul 14.00-15.00 pada hari yang sama atau pada hari terakhir pukul 08.00-13.00 dengan KONSEKUENSI MENDAPATKAN KELAS YANG TERSISA. Oleh karena itu HARAP MEMPERHATIKAN JADWAL.
  5. Mahasiswa diharapkan mencermati dan menaati peraturan ini demi kelancaran proses bimbingan KRS dan Key In.
  6.  Dibuka stand PUSAT INFORMASI untuk Program Studi Ilmu Komunikasi pada 28-31 Januari 2015 di Jembatan lantai I FISIP UAJY. Bagi mahasiswa yang memiliki kendala dalam proses bimbingan KRS dapat mengunjungi PUSAT INFORMASI.
  7. Informasi selengkapnya dapat dilihat di www.fisip.uajy.ac.id atau hubungi Tata Usaha.

Jobdesk Pengurus HMPSKom

Susunan Pengurus HMPS Kom

Susunan Pengurus HMPS Kom sekurang-kurangnya terdiri dari Pemimpin Umum dan Pemimpin Departemen.

Pempinan Umum

1. Mengorganisir pengurus dan anggota HMPS Kom

2. Bertanggungjawab atas jalannya program kerja pengurus HMPS Kom dan kelompok yang dinaungi.

3. Menjaga keutuhan dan keharmonisan jajaran pengurus HMPS Kom

4. Mengambil keputusan yang berkaitan dengan kebijakan pengurus HMPS Kom dan kelompok yang dinaungi yang tidak bertentangan dengan AD/ART.

5. Meminta laporan pertanggunggjawaban dari pengurus harian dan pimpinan departemen.

6. Memimpin rapat besar pengurus HMPS Kom.

7. Melantik, mengesahkan, dan mengevaluasi Ketua Kelompok Profesi dan Studi.

Departemen Finansial

1. Mengatur sirkulasi keuangan.

2. Mengkoordinir pengumpulan dana dari berbagai macam sumber (misal, sponsor, donatur, iuran anggota dan dana usaha mandiri yang lain).

3. Mencatat perkembangan keuangan internal dalam pembukuan

4. Menjadi supervisi keuangan untuk bendahara-bendahara KP-KS.

Departemen Administrasi

1.  Melayani sirkulasi surat, arus keluar masuknya surat.

2.  Memproduksi proposal hingga laporan pertanggungjawaban.

3. Mencatat seluruh elemen administrasi HMPS Kom dan KP-KS (AD-ART, Guidelines, Program Kerja, Susunan Kepengengurusan, Job Description dsb).

4. Menghimpun undangan internal maupun eksternal.

5. Memantau perkembangan administrasi kampus.

6. Menjadi supervisi administrasi untuk sekretariat KP-KS.

Departemen Internal

1.  Terlibat secara aktif dan atau pasif dalam acara yang digelar di internal FISIP UAJY.

2. Memantau perkembangan dan membuat kebijakan terkait linkup internal dari KP-KS secara khusus dan mahasiswa ilmu komunikasi UAJY pada umumnya.

3. Meminta konsultasi, memberi dan menerima saran dari kaprodi ilmu komunikasi yang berkaitan dengan kebijakan organisasional dan akademis mahasiswa.

Departemen Eksternal

1.  Membangun link dan hubungan baik dengan pihak di luar FISIP UAJY (misal, HMPS lain, organisasi kemahasiswaan universitas lain, IMIKI, badan usaha, dsb.)

2.  Membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan eksternal HMPS Kom.

3.  Memantau perkembangan dan membuat kebijakan yang bersifat eksternal dari KP-KS secara khusus dan mahasiswa ilmu komunikasi UAJY pada umumnya.

Departemen Riset dan Pengembangan Akademik

1.  Menjadi pusat data, statistik, dan informasi HMPS kom.

2.  Memantau pelatihan dan pengembangan konsentrasi studi yang dilakukan oleh KP-KS.

3. Memberikan informasi dan mengkomunikasikan berbagai elemen yang dapat dipergunakan untuk kemajuan komunikasi UAJY (misal, lomba riset)

4.  Menciptakan dan menjalankan strategi yang berhubungan dengan pelatihan dan pengembangan mahasiswa ilmu komunikasi UAJY.

5.  Bersama DI, menerima dan memberikan jalur penyelesaian permasalahan akademik dengan Lembaga Pengaduan Akademik (LPA) dan strategi-strategi lainnya.

6.  Aktif melakukan riset-riset yang berhubungan dengan dunia komunikasi.

7.  Melakukan survey internal untuk membantu kinerja departemen yang lain.

Departemen Komunikasi Dan Informasi

1.  Bekerjasama dengan departemen lain, memproduksi bulletin komunikasi.

2. Mengolah seluruh media komunikasi HMPS Kom (misal papan HMPS Kom, alat identitas HMPS Kom, email, Facebook, Friendster, Twitter, MSN dsb ).

3. Bekerjasama dengan departemen lain untuk mengkomunikasikan kinerja departemen.

Departemen Kelompok Profesi Dan Studi

1. Mengontrol kinerja KP-KS.

2. Meminta dan menyetujui proposal, laporan pertanggungjawaban kinerja dan acara KP-KS yang mekanismenya ditentukan oleh Guide Lines yang dibuat dalam Rapat Besar Pengurus HMPS Kom per-periode.

3.  Bekerjasama dengan berbagai Departemen HMPS Kom dalam pengembangan KP-KS.

4. Menciptakan dan menjalankan strategi untuk pengembangan konsentrasi studi masing-masing KP-KS.

5. Ketua Kelompok Profesi dan Kelompok Studi bertanggungjawab pada Pemimpin Departemen Kelompok Profesi dan Studi.

 

Visi & Misi HMPSKom

Visi

Lembaga perhimpunan mahasiswa yang mengkaji ilmu komunikasi guna menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten untuk terjun di dalam masyarakat dengan prinsip sains, etik, praktik dan humanis.

 

Misi

 

  • Sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu dan teori perkuliahan ke dunia praktik guna meningkatkan kompentensi mahasiswa untuk berkreativitas dalam melahirkan ide.

  • Mewujudkan aktivitas pelatihan dan pengabdian bidang ilmu komunikasi dengan pendekatan humanis.

  • Menjembatani kebijakan dan aspirasi akademik antara otoritas Program Studi Ilmu Komunikasi dan anggota HMPS Kom FISIP UAJY.

  • Menjadi fasilitator bagi pihak di luar Program Studi Ilmu Komunikasi yang bermanfaat untuk pengembangan akademik.

 

Contact Us: