Giliran Alumni FISIP UAJY Juga Terbitkan Buku

Tidak mau kalah dengan mahasiswa FISIP UAJY, Titus Febrianto Adi yang berhasil menerbitkan buku tentang Relasi Perempuan dan Laki-Laki – Sebuah Perspektif, salah satu alumni FISIP UAJY, Gregorius Genep Sukendro juga ikut menerbitkan buku. Buku yang diterbitkan terhitung unik, karena bercerita tentang Pancasila dengan menggunakan komik sebagai media tuturnya. Buku yang berjudul Pancasila Riwayatmu Kini dituliskan bersama dengan seorang komikus Eko S. Bimantoro.

Gregorius Genep Sukendro lahir di Yogyakarta dan menyelesaikan studi S-1 di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP-UAJY  tahun 2000 lalu. Sekarang berprofesi sebagai dosen tetap di Fakultas Ilmu Komunikasi – Universitas Taruma Negara Jakarta. Awalnya, Gregorius Genep Sukendro sempat menjadi wartawan di sebuah suratkabar nasional, namun akhirnya mengundurkan diri dari suratkabar tersebut karena diinstruksikan untuk meliput berita dengan tujuan menjatuhkan Gus Dur dari kursi kepresidenan. Belum puas di dunia jurnalistik, Gregorius Genep Sukendro sempat pula merambah dunia iklan sebagai copy writer, editor majalah periklanan dan sebagai strategic planner. Bersama beberapa teman yang meminati dunia grafis, mendirikan Grafisosial, dan menjadi salah satu ketuanya. Gregorius Genep Sukendro aktif pula membuat beberapa film pendek dan film dokumenter.

Kehadiran buku Pancasila Riwayatmu Kini yang ditulis oleh Gregorius Genep Sukendro (bersama dengan Eko S. Bimantoro) ini melengkapi karya-karya alumni FISIP UAJY yang telah lebih dahulu ada, seperti karya dari Femi Adi Soempeno (Prabowo : dari Cijantung Bergerak ke Istana, Boediono : Saya Bukan Neolib, dan Indonesia Memilih) dan Basilius Triharyanto (Pers Perlawanan : Politk Wacana Antikolonialisme Pertja Selatan).

Search

Pengumuman