Ujian Skripsi


PETUNJUK TEKNIS PENDAFTARAN & PELAKSANAAN UJIAN SKRIPSI SECARA ONLINE UNTUK MAHASISWA S1
T.A. 2021/2021

I. PENDAFTARAN

  1. Mahasiswa mendaftar secara daring melalui situs siafisip.uajy.ac.id bagian SISKA
  2. Pengajuan berkas via email wajib menggunakan email resmi mahasiswa UAJY (NPM@students.uajy.ac.id)
  3. Mahasiswa mengirimkan berkas pendaftaran skripsi melalui email fisip.ujian@uajy.ac.id dengan format subject: UJIAN SKRIPSI_NPM_NAMA
  4. Isi badan surat berupa permohonan pendaftaran ujian skripsi dengan menyertakan Nama Lengkap, NPM, Program Studi, Dosen Pembimbing, no HP yang dapat dihubungi.
  5. Dalam email wajib melampirkan 3 berkas file, yakni:
    1. Softcopy berkas skripsi lengkap yang akan diujikan dalam 1 file PDF dengan format nama file: UJIAN SKRIPSI_NPM_NAMA
    2. File lampiran syarat administratif yang dijadikan 1 file .PDF dengan format nama file: ADMINISTRASI UJIAN SKRIPSI_NPM_NAMA.PDF terdiri dari:
      1. Scan KTM yang masih berlaku
      2. Scan Ijazah/STTB SMU/sederajat : nomor ijazah harus terbaca dengan jelas.
      3. Scan Akta Kelahiran d. Scan KTP (WNI) / Paspor (WNA) : NIK/Nomor Paspor harus terbaca dengan jelas.
      4. Scan Surat Pernyataan Keaslian bermaterai Rp. 10.000,00 dan ditandatangani
      5. CV (Curriculum Vitae)
      6. Form 2 yang sudah diisi lengkap dan disetujui oleh Dosen Pembimbing
    3. File foto hitam putih berjas & berdasi (dalam bentuk file .jpg). Foto akan digunakan untuk ijazah, mohon dibuat dalam kualitas bagus.
  6. Rapor lulus teori, KRS, transkrip SPAMA, dan informasi telah bebas administrasi keuangan akan dilengkapi oleh TU.
  7. Template isian Form 2 (Persetujuan Ujian Skripsi) dapat diunduh di web fisip.uajy.ac.id (https://fisip.uajy.ac.id/akademik/ujian-skripsi/)
  8. Jika terdapat kekurangan berkas dan syarat administratif, akan diinformasikan melalui email. Mohon mahasiswa aktif melakukan pengecekan email resmi mahasiswa UAJY (NPM@students.uajy.ac.id).
  9. Jika berkas yang disyaratkan telah lengkap, fakultas akan memberi konfirmasi kepada mahasiswa melalui email.
  10. Batas waktu pendaftaran & pengiriman sesuai dengan ketentuan masing-masing prodi.
  11. Jadwal ujian pendadaran akan diinformasikan secara daring melalui situs fisip.uajy.ac.id pada bagian pengumuman prodi masing-masing.

II. PELAKSANAN

  1. Ujian pendadaran akan dilaksanakan secara daring.
  2. Teknis pelaksanaan ujian sesuai kesepakatan tim penguji. Mahasiswa wajib menyesuaikan dengan kesepakatan tim penguji.

III. PASCA UJIAN SKRIPSI

  1. Perbaikan/revisi skripsi dilakukan mahasiswa dengan bimbingan dosen pembimbing secara daring.
  2. Perbaikan/revisi dilakukan dengan memperhatikan catatan dari tim penguji.
  3. Jika proses perbaikan/revisi skripsi telah selesai dan di-ACC, mahasiswa mengirimkan halaman persetujuan kepada Dosen Pembimbing dan selanjutnya mengirimkan halaman pengesahan kepada Dosen Penguji Utama (Ketua Tim Penguji).
  4. Dosen Pembimbing akan mengirimkan dokumen halaman persetujuan yang telah ditandatangani secara digital dalam format .PDF kepada mahasiswa.
  5. Dosen Penguji Utama akan mengirimkan dokumen halaman pengesahan yang telah ditandatangani secara digital dalam format .PDF kepada mahasiswa.
  6. Setelah mendapatkan tanda tangan di Dosen Pembimbing di halaman persetujuan dan Dosen Penguji Utama, dilanjutkan dengan mengajukan tanda tangan dari Penguji I, Penguji II, dan Ketua Program Studi.
  7. Halaman pengesahan wajib telah tertandatangani secara lengkap.
  8. Mahasiswa mengkompilasi seluruh dokumen skripsi yang telah disetujui dalam 1 file .PDF.
  9. Jika proses revisi mengalami keterlambatan, mekanisme sanksi tetap berlaku sesuai dengan aturan di masing-masing prodi.
  10. Jika dokumen sudah lengkap, mahasiswa dapat melakukan proses pendaftaran yudisium.
  11. Nilai skripsi akan diinformasikan kepada mahasiswa setelah mahasiswa menyelesaikan kewajiban pendaftaran yudisium.

IV. CATATAN

  1. Panduan petunuk teknis ini akan berlaku selama semester Gasal TA 2021/2022 dan dapat dievaluasi sewaktu-waktu.
  2. Bila terdapat masalah dan proses di luar petunjuk teknis yang telah tersebut di atas, akan diselesaikan dengan prinsip menjujung tinggi nilai-nilai akademis.

Template Berkas Skripsi

Template untuk keperluan berkas skripsi seperti:

  • halaman sampul depan
  • Lembar Persetujuan
  • Lembar Pengesahan
  • Pernyataan Keaslian Skripsi

dapat diakses di link berikut:

TEMPLATE BAGIAN AWAL SKRIPSI

Konten lampiran disesuaikan untuk mahasiswa masing-masing program studi. Misalnya: Untuk Prodi Ilmu Komunikasi -> Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom), Untuk Prodi Sosiologi -> Gelar Sarjana Sosial (S.Sos).

 


Form 2

Yang perlu diisi di Form 2:
1. Ketua Program Studi yang dituju.
2. Nama
3. No. Mahasiswa
4. Judul Skripsi
5. Tanggal di sebelah “Yogyakarta”
6. Nama Pembimbing

Template Form 2 dapat diunduh di link berikut: