Bila dunia perfilman mempunyai Festival Film Indonesia, maka industri periklanan memiliki program yang hampir mirip. Namanya Citra Pariwara (CP), sebuah festival iklan tingkat nasional (multinasional) yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I). Di Citra Pariwara ada tiga kategori yang dilombakan yakni ‘Main Category’ , ‘Daun Muda Award’ dan ‘BG Award’ (baca biji award). Main Category diikuti oleh iklan-iklan komersial buatan Perusahaan besar di Ibu Kota, sebagai contoh iklan “Brand A (sebelumnya A MILD)” dengan tagline “GO A HEAD” yang memborong penghargaan di Citra Pariwara kali ini. Daun Muda Award merupakan ajang untuk mereka yang muda inovatif dan tentu masih fresh graduated dalam mengkomunikasikan brief melalui payung perusahaan. BG Award, adalah kategori spesial khusus mahasiswa di seluruh nusantara yang selalu mencuri atensi Perusahaan-perusahaan besar yang mencari bibit-bibit muda potensial di industri periklanan. Selalu spesial karena setiap tahunnya peraih Gold BG Award akan dibawa ke ADFEST (Asia Pacific Advertising Festival) di Pattaya, Thailand.
Citra Pariwara 2011 mengangkat tema “Creating Good Value”. Bagi kategori BG Award, tahun ini merupakan musim keenam diselenggarakan P3I pusat.. BG Award 2011 diikuti 54 Tim (108 mahasiswa) dari 16 Universitas di Indonesia diantaranya UAJY , UI, UGM, ITB, UNDIP, STIKOM ITKP dll. Proses pengerjaan lomba ini sekitar satu setengah bulan, dengan mengirimkan pengerjaan brief awal melalui DVD. Setelah melalui sesi penjurian awal, dipilihlah mereka yang berhak lolos ke babak final atau babak sepuluh besar di Jakarta. UAJY berhasil meloloskan dua pasangan di Babak ini, yakni Yohanes Indra Setiaksa-Dwi Mei Sulistya dan Natalia Eka Jiwanggi-Gandhi Setyawan. Jejak perjalanan UAJY di ajang tahunan ini antara lain pada 2007 ketika berhasil menyabet Silver. Tahun 2009 UAJY berhasil mengirimkan tiga tim di babak final namun gagal menembus tiga besar. Antiklimaks pada 2010 UAJY tidak mewakilkan satu pun tim di babak final.
FINALIS BG_Citra Pariwara 2011
Nomor Registrasi |
Nama Peserta |
Materi Presentasi |
Kampus |
04/BG/CP2011 |
Nur Arief Hidayat |
Mama Masak |
Universitas Gajah Mada |
Ermaya Widyastuti | |||
07/BG/CP2011 |
Tewibowo |
Aktifkan Mimpimu |
Universitas Bina Nusantara |
Sebastian | |||
15/BG/CP2011 |
Gandhi Setyawan |
Bukan Bakso Biasa |
Universitas Atma Jaya Yogyakarta |
Natalia Eka Jiwanggi | |||
28/BG/CP2011 |
Zulfikar Firdaus |
Bikin Santai |
ITB |
Muhammad Fajrur Rahmat | |||
29/BG/CP2011 |
wafi Abdullah |
Kasih Sayang |
Universitas Indonesia |
Juenre Sitanggang | |||
30/BG/CP2011 |
Wicky Syailendra |
Play Zone |
ITB |
Gracia Octaveni Lumbantobing | |||
34/BG/CP2011 |
Ng William |
Rasa yang Tidak Ternilai |
Universitas Ciputra |
Jesica Gracia Santoso | |||
36/BG/CP2011 |
Yohanes Indra Setiaksa |
Teliti itu Baik |
Universitas Atma Jaya Yogyakarta |
Dwi Mei Sulistya | |||
38/BG/CP2011 |
Jaya Pramono Adi |
Poslinir |
Universitas Diponegoro |
Luthfi Fajar Ridho | |||
39/BG/CP2011 |
Matahari Asysyakuur, |
Kumpul Semeja |
Universitas Gadjah Mada |
Angga Prawadika Aji |
Setelah presentasi strategi komunikasi sektar lima belas menit dihadapan juri panel tiga di babak final yakni, Yoga Adhitrisna (Managing Director – Berakar Komunikasi), Gloria Martie (Head of Copy – Y&R), Morian ‘Ori’ Madjid (Creative Director – ColmanHandoko), Nicholas Kosasih (Creative Group Head – Grey Worldwide) dan Syarif Hidayat (Creative Group Head – JC&K), selanjutnya dipilih mereka yang masuk tiga besar yang nantinya diumumkan di puncak acara Penganugerahan yang ajeg dihadiri ribuan audience mereka pelaku industry kreatif. Bersama UNDIP dan UGM, UAJY berhasil menembus tiga besar yang akhirnya menyabet Bronze lewat Yohanes Indra Setiaksa-Dwi Mei Sulistya melalui karya mereka “Teliti Itu Baik”.
CP 2011 merupakan CP ketiga kalinya bagi Indra (Magelang) dan Dwi Mei (Bantul). Mahasiswa FISIP angkatan 2008 ini selalu kompak mengikuti ajang Pinasthika, Carakafest dan ajang kreatif lain untuk menambah jam terbang. Meski gagal ke Thailand, Bronze Citra Pariwara ini diharapkan mengembalikan lagi kejayaan UAJY yang naik turun prestasinya di ajang periklanan nasional. Secara khusus Indra dan Dwi Mei menghaturkan terimakasih untuk Bapak Drs. Ign, Agus Putranto, M.Si , Bapak Sumbo Tinarbuko dan kawan-kawan di Bohlam Advertising UAJY yang tak lelah men-support dan bersama-sama mengibarkan bendera UAJY di kancah periklanan Nasional.