FISIP UAJY Gelar Diskusi Bersama Citilink dan Praktisi Iklan

YOGYAKARTA- Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar kuliah umum bersama Citilink di auditorium Kampus IV FISIP UAJY. Acara yang digelar oleh Program Studi Ilmu Komunikasi konsentrasi studi periklanan dan kehumasan ini bertujuan untuk menambah dan pengembangkan wawasan praktis mahasiswa yang mengambil konsentrasi periklanan dan kehumasan.

“Adanya pemaparan dari para praktisi periklanan dan kehumasan serta dari pihak perusahaan dapat menjadi sebuah studi kasus bagi mahasiswa yang diberikan oleh narasumber secara langsung,” ujar Gregoria Arum Yudarwati, dosen konsentrasi Humas sekaligus penanggungjawab acara ini, Kamis (21/02/2012).

Kuliah umum ini terbagi dalam dua sesi kelas. Sesi pertama membahas isu-isu seputar studi kasus Citilink dari sudut pandang kehumasan dengan narasumber Vice President Marketing Communication Citilink Aristo Kristandyo dan Director IComm Nunik Maharani. Sesi selanjutnya menghadirkan narasumber dari praktisi yang membahas kaitannya dengan isu-isu periklanan yaitu Executive Producer Dream Light Picture Fredy Adi Surya dan PR Manager Citilink Sandra Ichsan.

“Secara khusus kegiatan ini menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa Citilink peduli pada masalah pendidikan dan pariwisata, untuk itu kami bersedia mengajar mahasiswa untuk lebih kreatif sambil travelling,” ujar Vice President Marketing Communication Citilink Aristo Kristandyo.

Aristo berharap ke depan mahasiswa-mahasiswa ini dapat belajar sembari memanfaatkan sosial media dengan cara berbagi cerita (sharing stories) di web Citilink Story & TV, bahkan jika memungkinkan menjadi member dari Citilink Club dan Citicyclink.

Dengan kegiatan ini Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY berharap  mengurangi kesenjangan pemahaman antara konsep dan teori yang diperoleh mahasiswa di dalam kelas dengan realitas pelaksanaannya, terutama berkaitan dengan isu-isu terkait studi kasus perusahaan.

“Kebetulan Citilink sedang dalam proses produksi iklan yang belum dilaunching, kami berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kasus ini sebagai bagian dari matakuliah Produksi Iklan dalam tugas akhirnya,” Agus Putranto, Dosen Konsentrasi Periklanan FISIP UAJY, menambahkan.

Kuliah umum ini diharapkan pula  dapat menjadi awal bagi pengembangan kerjasama ke depan antara pihak perguruan tinggi dengan pihak eksternal, baik sebagai user dari para lulusan maupun sebagai partner dalam mengembangkan dunia pendidikan.

Sebagai sebuah fakultas, FISIP UAJY bertujuan untuk melahirkan sarjana-sarjana dengan beberapa kriteria, yaitu memiliki kemampuan analitis kritis, melalui pengembangan kemampuan teoritik konseptual dan keluasan wawasan, memiliki wawasan praktis yang kuat melalui pengembangan profesionalisme yang bersumber di dalam pemahaman kerangka teoritik konseptual tersebut, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sebagai pengungkapan idealisme komitmen moral, etika dan keberpihakan kepada yang lemah.

Saat ini FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta, secara lebih khusus Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki kurang lebih 900 mahasiswa aktif yang terbagi dalam empat konsentrasi, yaitu Jurnalistik, Humas, Periklanan, dan Kajian Media. (gay)

 

Search

Pengumuman