Search

Kuliah Ilmu Komunikasi Nggak Cuma Belajar Ngomong. Cek Faktanya!

Kita sering mendengar bahwa kuliah di ilmu komunikasi itu mudah, hanya belajar ngomong saja. Tapi itu salah besar, lho! Berbicara memang hal yang penting dalam komunikasi, namun kuliah ilmu komunikasi akan belajar lebih dari itu. 

Jadi, apa sebenarnya yang kita pelajari dalam ilmu komunikasi? Studi ini mempelajari teori dan konsep komunikasi, praktik komunikasi, hingga kajian komunikasi. Teori dan konsep menjadi pondasi kita untuk mendasari komunikasi sebagai ilmu. Praktik komunikasi akan mendekatkan kita pada dunia profesional bidang komunikasi. Hingga kajian komunikasi yang akan mengevaluasi elemen maupun produk pesan komunikasi yang hadir melalui media.

Belajar ngomong bukan sekedar ngomong, di program studi ilmu komunikasi dikenal dengan istilah persuasi, negosiasi, hingga public speaking. Keterampilan lain yang akan diasah di program studi ilmu komunikasi juga terkait dengan keterampilan menulis, visual, multimedia, dan digital.

Gambar. Ilmu Komunikasi bukan sekedar belajar ngomong

Ilmu komunikasi seringkali dikaitkan dengan dinamika sosial politik dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan diajak mengkritisi fenomena komunikasi di masyarakat dari berbagai sudut pandang. Tentunya dibutuhkan pemikiran kritis, kreatif, cerdas, dan sensitif untuk memahami dinamika komunikasi dan masyarakat.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi 

Ngomongin soal prospek kerja, lulusan program studi ilmu komunikasi punya banyak pilihan lho! Ingat lagi beragam keterampilan komunikasi yang dipelajari tadi. Lulusan prodi ilmu komunikasi bisa bekerja di dunia jurnalisme dan penyiaran sebagai reporter, editor, pembawa acara, penyiar radio hingga televisi. Berbekal keterampilan komunikasi yang efektif dan strategis, profesi hubungan masyarakat/public relations, pemasaran, periklanan atau branding bisa juga dimasuki.

Bagi kamu yang tertarik berkarir di pemerintahan atau organisasi nirlaba, ilmu komunikasi akan membantumu menyampaikan pesan dan mengkampanyekan program-program secara efektif. Peluang karir kekinian di ranah dunia digital juga terbuka lebar bagi kamu yang kuliah ilmu komunikasi seperti social media specialist, content creator, hingga digital marketer. Intinya, peluang di semua lini industri kreatif akan menjadi ruang terbuka luas yang siap diisi lulusan program studi ilmu komunikasi.

Guna mencapai prospek kerja kedepannya, kamu bisa memilih tempat belajar ilmu komunikasi yang dapat mengembangkan kemampuan kamu secara optimal. Program studi ilmu komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dapat menjadi pilihan kamu untuk belajar ilmu komunikasi.

Ada banyak keunggulan berkuliah di program studi ilmu komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pertama, kamu bisa menemukan banyak sekali tawaran beasiswa untuk meringankan biaya studi. Selain itu, juga terdapat sarana prasarana yang optimal seperti perpustakaan, lab komputer, dan laboratorium audio-visual interaktif (AVI) yang modern dan lengkap. Tentu saja, semua ini demi menunjang proses belajarmu di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Gambar. Praktik pembelajaran ilmu komunikasi di lab audio visual Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki peminatan komunikasi strategis serta komunikasi massa dan digital yang bisa menghasilkan kemampuan multitasking, kreatif, strategis, dan analitis untuk membuka pintu pemahaman mengenai ekosistem komunikasi modern dan integrasi multiplatform. Dengan belajar konsep dan keterampilan komprehensif, kamu akan diasah kemampuan komunikasi secara verbal dan nonverbal, visual, tertulis, hingga multimedia terkini.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gabung di program studi ilmu komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan temukan lingkungan akademis yang mendukung serta inspiratif untuk mencapai potensi penuhmu dalam dunia komunikasi!