Program Studi Ilmu Komunikasi adalah sebuah program yang berupaya menghasilkan lulusan terbaik sebagai pelaku profesional pada bidang komunikasi dengan spesialisasi di bidang Komunikasi Strategis serta Komunikasi Massa dan Digital. Dalam prosesnya, Prodi senantiasa menjunjung visi ““Mewujudkan pusat unggulan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks) bidang komunikasi di tahun 2022 yang berintegritas, serta mengutamakan sinergi antarpelaku dalam praktik secara etik, humanis, dan inklusif.”
PEMINATAN STUDI
Pelaku atau professional di bidang komunikasi meliputi semua profesi yang berkaitan dengan hal-hal strategis dan mengikuti perkembangan media dan tekhnologi digital yang diraih melalui dua peminatan:
a. Komunikasi Strategis
Kompetensi yang diproyeksikan bagi alumni pada peminatan studi ini adalah menjadi konsultan komunikasi, manajer komunikasi, komunikolog (ahli komunikasi), pekerja profesional di industri komunikasi dan wirausaha di bidang komunikasi. Secara spesifik, lulusan dari peminatan studi ini bisa bekerja sebagai public relations officer, advertising agency, consultant, dll.
b. Komunikasi Massa dan Digital
Peminatan ini secara khusus mengasah mahasiswa untuk menitikberatkan strategi komunikasi dalam bidang komunikasi pemasaran dan korporat, baik berorientasi bisnis maupun sosial dengan pondasi riset yang kuat.
Peminatan ini secara khusus mengasah mahasiswa untuk menitikberatkan strategi komunikasi dalam bidang komunikasi pemasaran dan korporat, baik berorientasi bisnis maupun sosial dengan pondasi riset yang kuat.
Peminatan ini secara khusus dirancang agar mahasiswa dapat beradaptasi dengan memanfaatkan perkembangan konvergensi media. Dari sisi konten, mahasiswa akan dibekali dengan cara berfikir kreatif dan kritis melihat fenomena sosial sehingga akan menjadi ide yang dapat dituangkan dalam konten media.
Kompetensi yang diproyeksikan bagi alumni pada peminatan studi ini ialah menjadi praktisi dan wirausaha komunikasi berbasis komunikasi digital. Secara spesifik bekerja sebagai wartawan/jurnalis, praktisi media televisi & radio, digital writer, creative content maker, story teller, dan sebagainya.
Perkuliahan di Prodi Ilmu Komunikasi berorientasi pada Problem Based Learning yang menjadikan mahasiswa mandiri, mempunyai kaya pengalaman belajar, tanggap pada perkembangan peranan sosial dan memberikan hasil belajar yang segera. Prodi memadukan antara Ketrampilan – Keahlian – Profesional – dan Keilmuan untuk menjadikan lulusannya menjadi Komunikator Profesional.
Fasilitas :
*) dalam proses
INSTANSI PEMERINTAH
ASOSIASI PROFESI DAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN
PENDIDIKAN
INDUSTRI
Untuk mendukung kegiatan perkuliahan dibantu juga oleh profesional di bidang komunikasi dan pemasaran di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Bandung.
Aktivitas Mahasiswa :
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Kaprodi Ilmu Komunikasi : Ranggabumi Nuswantoro, MA.
Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi : Ina Nur Ratriyana, M.A.
Alamat : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta Kampus IV Gedung Teresa Jalan Babarsari 6 Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp : 0274-487711 ext 4124
Fax : 0274-487748
Email : ranggabumi.nuswantoro@uajy.ac.id
Website : fisip.uajy.ac.id